oleh

Ajaib, Ada Bayi Dilahirkan Masih Dalam Kantung Ketuban

Bayi dalam kantung ketuban.(bbs)
Bayi dalam kantung ketuban.(bbs)

Kabar6-Beberapa waktu lalu terjadi peristiwa langka. Dilansir dari mirror.co.uk, disebutkan seorang bayi terlahir masih dalam keadaan di kantong ketuban, sepenuhnya dalam keadaan utuh, tidak sobek.

Bayi kecil ini dapat terlihat dengan jelas sedang bergerak dan berusaha merentangkan tangan kakinya di dalam kantong ketuban, sebelum tim medis menyobeknya.

Kejadian langka ini, dikutip dari idntimes, terjadi di Rumah Sakit Bersalin Santa Casa Misericordia di Centro, Barretos, Brasil.

Kantung ketuban adalah membran yang tipis tapi kuat, berisi cairan yang membantu bayi di dalamnya merasa hangat dan tahan dari benturan sepanjang kehamilan. Ketuban akan pecah beberapa saat sebelum melahirkan.

Dalam kondisi yang sangat langka, dengan rasio 1:80.000 kelahiran, bayi dilahirkan dengan membran ketuban masih utuh. Beberapa bayi terlahir dengan beberapa bagian membran masih melekat pada mereka, tapi terlahir sepenuhnya masih berada di dalam kantong yang belum pecah sangatlah luar biasa langka.

Ibu ini melahirkan bayi kembar secara caesar. Bayi pertama lahir dalam keadaan kantong ketubannya telah pecah, sementara yang kedua masih berada di dalam kantong ketuban yang utuh. Karena itulah bayi kedua ini yang menjadi sorotan.

Seorang suster bernama Giselinha Correa berhasil merekam momen menakjubkan ini lewat kamera ponselnya dan ia unggah ke akun Facebook serta Youtube-nya. ** Baca juga: Gara-gara Koleksi Sepatu, Oxlee Nyaris Ditinggal Sang Istri

Silas, nama dari bayi kedua ini bersama dengan saudara kembarnya, terlahir tiga bulan lebih awal dari seharusnya. Ia masih tersambung dengan tali pusar dan masih bisa mendapatkan oksigen dari plasenta. Foto-fotonya tersebar secara luas di media sosial, diambil oleh fotografer CBS di Los Angeles.(ilj/bbs)

Berita Terbaru