oleh

Airin Kritik Keseriusan Walikota Anggota Apeksi

Kabar6-Para kepala daerah yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) pada Komisariat Wilayah (Komwil) III, dianggap masih setengah hati melakoni tugasnya.

Alhasil, pemerintah pusat memberikan rapot merah terhadap organisasi tersebut.

“Tentunya ini jadi PR (pekerjaan rumah) bagi kita semua, agar lebih serius,” kata Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany dalam acara musyawarah komisariat wilayah (Muskomwil) III di Kota Magelang, Jawa Tengah, kemarin.

Menurutnya, dari kacamata pemerintah pusat cenderung menganggap Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) lebih unggul. Pendapat itu cukup beralasan karena selama ini dari rancangan dan program kerja Apeksi arahnya tidak jelas.

Airin menjelaskan, Apeksi adalah wadah yang dibentuk oleh Pemerintah Kota yang bertujuan untuk membantu anggotanya mempercepat pelaksanaan otonomi daerah dan menciptakan iklim yang kondusif bagi kerjasama antar-Pemerintah Daerah.

Selain tujuan di atas, Apeksi juga bertujuan untuk memperjuangkan kepentingan anggota dalam Dewan Pertimbangan Otonami Daerah (DPOD) guna diabadikan bagi akselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui demokrasi, peran serta masyarakat, keadilan, dan pemerataan yang memperhatikan potensi dan keanekaragaman daerah.

“Pemerintah pusat menilai Apkasi lebih bagus dari pada Apeksi,” terang perempuan yang sempat menjabat sebagai Ketua Pelaksana Tugas (Plt) Apeksi Komwil III itu.

Oleh karena itu, tambah Airin, perlu ada pembenahan dan evaluasi bagi organisasi tersebut. Ia berharap kepada ketua dan pengurus terpilih mampu mengemban tugasnya sesuai tujuan awal dan mendasar didirikannya Apeksi.

“Silakan saja bermusyawarah (memilih pimpinan Apeksi-red). Insya Allah, mendapat pengurus yang lebih baik dari sebelumnya. Saya harap juga ada banyak usulan dari para anggota,” tambahnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada 23-25 April 2014, secara resmi terpilih Walikota Bandung Ridwan Kamil sebagai Ketua Apeksi Komwil III. **Baca juga: Rumah Janda Serpong Ambrol Diterjang Angin.

Posisi Wakil Ketua disandang oleh Walikota Sukabumi Muhammad Muraz. Pada posisi Sekretaris dijabat oleh Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.(yud)

Berita Terbaru