oleh

Airin Belajar Pelayanan Publik ke Walikota Surabaya

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot)Tangerang Selatan (Tangsel) melirik keberhasilan Pemkot Surabaya dalam bidang peningkatan pelayanan publik. Kerjasama jaringan lintas perkotaan dimaksudkan untuk menciptakan keterpaduan pembangunan antar kawasan perkotaan.

“Ini untuk mewujudkan efisiensi, efektifitas dan sinergitas dalam penyediaan pelayanan umum kepada masyarakat , meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat,” kata Airin di Balaikota Surabaya, Selasa (15/7/2014).

Diterima langsung oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini, pada pertemuan tersebut kedua kepala daerah ini saling bertukar informasi seputar kondisi wilayahnya masing-masing.

Tri Rismaharini menuturkan bahwa Pemkot Surabaya dalam melayani kebutuhan masyarakatnya telah pendidikan dan kesehatan gratis.

Sedangkan untuk warga miskin dan cacat yang terdata oleh dinas sosialnya telah mendapatkan makanan gratis setiap harinya. Berkaitan dengan pengelolaan e-goverment sudah berjalan dengan baik disemua Satuan Kerja Perangkat Daerah. Tentunya  berbasis teknologi sehingga proses kerjaan sudah bisa dikendalikan jarak jauh.

“Ini pengalaman yg sangat berharga dan harus diterapkan di Kota Tangsel,” tutur Airin. Meski diakuinya, dalam beberapa unit kerja bawahannya sudah ada yang menerapkan. Seperti halnya desain situs resmi Pemkot Tangsel yang didalamnya terdapat konten surat elektronik.

Situs resmi yang dikelola oleh Bagian Pengelolaan Teknologi Informasi (BPTI) Sekretariat Daerah Kota Tangsel dibawah pimpinan Aplahunnajat ini memuat konten komunikatif antarpemerintah daerah dengan masyarakat yang dilayani.

“Yang di suguhkan oleh BPTI juga sudah diterapkan. Kedepannya, tinggal manusia dan kemauan dari dinas yang akan kami terapkan nanti, kami akan fokus ke arah sana” ujar Airin.

Usai penandatanganan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini mengajak rombongan Airin mengunjungi ke Unit Layanan Pengadaaan (ULP) untuk melihat langsung bagaimana cara kerja dalam proses lelang.

Dilanjut dengan peninjauan ke Dinas Komunikasi dan Informatika pada Bagian Bina Program untuk melihat penggunaaan e-Budgeting dan e-Controling.

Kemudian juga melihat bagaimana proses Musrenbang sudah menggunakan on line sehingga masyarakat bisa melihat usulan usulan yang disetujui atau tidak.

Rombongan Pemkota Tangsel juga langsung belajar praktek penggunaan teknologi informatika yang ada di Pemerintah Kota Surabaya. **Baca juga: Wah, PO Kramat Jati di Pamulang Gunakan Ban Vulkanisir.

“Semoga Pemkot Tangsel dapat segera menerapkannya,” harap Tri Rismaharini. Rombongan juga berkesempatan  melihat langsung penataan taman kota yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya.(yud)

Berita Terbaru