oleh

Air Banjir Bisa Picu Kebakaran, Warga Dihimbau Waspada

Kabar6-Seiring dengan bencana banjir yang melanda akibat tingginya curah hujan saat ini, warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) juga dihimbau untuk mewaspadai konsleting (hubungan arus pendek) listrik.

Pasalnya, air yang membasahi instalasi listrik di dalam rumah, sangat berpotensi memicu terjadinya korsleting. Terlebih, sepanjang tahun 2012, mayoritas kebakaran disebabkan hubungan arus pendek.

Data yang dilansir pihak Kantor Pemadam Kebakaran Kota Tangsel menyebutkan, sepanjang tahun 2012 sedikitnya terjadi 59 kasus kebakarandiwilayah tersebut. Dimana, sebanyak 38 kejadian kebakaran dipicu oleh konsleting listrik.

Kepala Kantor Damkar Kota Tangsel Uci Sanusi mengatakan, pihaknya menyiagakan seluruh armada Damkar selama musim hujan ini.

Terdiri dari 4 unit pemdam kebakaran dan 1 unit mobil water suplay. Termasuk juga penyiagaan 24 jam petugas Damkar di Posko untuk mengantisipasi adanya laporan warga soal kebakaran.

“Damkar tetap siaga 24 jam setiap hari. Saat ini musim hujan dan kami khawatir kebakaran terjadi karena konsleting listrik,” ucapnya, Kamis (17/1/2013).

Guna mengantisipasi konsleting listrik akibat air hujan, warga diminta untuk mematikan arus listrik dari MCB atau yang lebih familiar dengan istilah meteran listrik apabila meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Termasuk juga memeriksa sambungan-sambungan kabel. “Dikhawatirkan ada yang usang atau terkelupas. Itu bisa bahaya jika kena bocoran air hujan,” imbaunya.(iqmar)

Berita Terbaru