Home / Aneka Berita / Sehat / Ahli Nutrisi: Manusia Zaman Sekarang Mulai Kekurangan Asupan 7 Nutrisi Penting
Ilustrasi/bbs

Ahli Nutrisi: Manusia Zaman Sekarang Mulai Kekurangan Asupan 7 Nutrisi Penting

Kabar6-Sebagian besar masyarakat, terutama yang berada di kota-kota besar, seringkali lali menjaga kesehatan, karena padatnya aktivitas harian.

Salah satunya adalah mengabaikan asupan nutrisi. Menurut ahli nutrisi, Suzie Sawyer, manusia zaman sekarang mulai kekurangan asupan tujuh nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Seperti dilansir Womentalk, berikut adalah tujuh nutrisi yang dimaksud:

1. Vitamin D
Fungsi utama vitamin ini adalah mengatur jumlah kalsium dan fosfor dalam tubuh, yang penting untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot.

Tingkat vitamin D yang sangat rendah dikaitkan dengan beberapa jenis kanker, masalah kardiovaskular, serangan asma, depresi, dan multiple sclerosis.

2. Zat besi & B12
Kadar zat besi yang rendah dapat menyebabkan anemia, dengan gejala kelelahan, jantung berdebar, dan sesak napas. Anemia juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 dan folat, yang keduanya diperlukan untuk memproduksi sel darah merah.

3. Asam folat
Nutrisi ini adalah sejenis vitamin B yang membantu tubuh memproduksi sel darah merah, dan sangat penting selama minggu-minggu pertama kehamilan untuk membentuk otak dan sumsum tulang belakang janin.

4. Yodium
Nutrisi satu ini sangat penting untuk fungsi hormon tiroid, yang membantu mengontrol metabolisme tubuh. Selama kehamilan, yodium penting untuk kesehatan otak janin yang sedang berkembang dan perkembangan kognitif anak di tahun-tahun awal mereka. Kekurangan yodium disebut dapat mengarah pada IQ yang lebih rendah.

5. Asam lemak omega-3
Tubuh tidak dapat membuat asam lemak esensial ini, jadi kita harus mendapatkannya dari makanan kita atau melalui suplemen. Studi menghubungkan asam lemak omega-3 dengan penurunan risiko penyakit jantung, beberapa kanker, dan demensia.

6. Magnesium
Kekurangan magnesium bisa membuat tubuh merasa kehabisan energi, karena mineral keempat terbanyak dalam tubuh ini memiliki peran kunci dalam menjaga irama jantung yang normal, kontraksi otot, fungsi saraf, kontrol tekanan darah, glukosa, metabolisme insulin, dan massa tulang.

7. Selenium
Tubuh menggunakan selenium untuk membuat selenoprotein, yang berfungsi seperti antioksidan yang mencegah kerusakan sel. Kurangnya nutrisi ini menyebabkan sejumlah implikasi kesehatan serius seperti peningkatan risiko penyakit jantung koroner, kanker, kekebalan yang buruk, rentan penyakit degeneratif, dan peradangan. ** Baca juga: Kuatkan Sistem Imun dengan 4 Makanan Sehat

Yuk, penuhi kebutuhan nutrisi Anda agar kesehatan tubuh tetap terjaga.(ilj/bbs)

Check Also

Kurangi Kalori Tanpa Rasa Lapar, Begini Caranya

Kabar6-Mengurangi kalori bukan berarti kita akan merasa kelaparan atau mengurangi jumlah makanan secara drastis. Dengan ...