oleh

Ahli Ekologi Kelautan Inggris Sebut, Jumlah Kotoran Teripang di Australia dalam Setahun Setara 5 Menara Eiffel

Kabar6-Teripang, makhluk laut berbentuk tabung, ternyata membuang kotoran secara kolektif lebih dari 70 ribu ton setiap tahun. Kotoran itu dibuat oleh tiga juta teripang yang berada di ujung selatan Great Barrier Reef Australia.

Dalam penelitiannya, melansir windowofworld, para ilmuwan mempelajari teripang yang hidup di Heron Island Reef, terumbu karang seluas 19 kilometer persegi di ujung selatan Great Barrier Reef Australia. Tim menggunakan drone untuk mengumpulkan rekaman video di sekitar tepi laguna, di daerah terumbu dangkal yang dikenal sebagai flat, dan kemudian menghitung teripang yang tertangkap kamera.

Dengan sampel yang dikumpulkan ini, peneliti memperkirakan bahwa lebih dari tiga juta teripang hidup di semua dataran terumbu di Pulau Heron. Melalui eksperimen di laboratorium, mereka menemukan bahwa satu teripang buang air besar sekira 1,3 ons kotoran per har atau sekira 14 kilogram kotoran per tahun.

Seorang ahli ekologi kelautan di University of Newcastle bernama Vincent Raoult, melakukan sebuah penghitungan. Hasilnya, dari tiga juta teripang yang hidup di terumbu Pulau Heron, menghasilkan puluhan ribu ton kotoran setiap tahun. Jumlah ini sedikit lebih banyak dari volume lima Menara Eiffel.

“Bayangkan dalam skala global, seberapa banyak kotoran teripang yang dibuang ke ekosistem lokalnya,” terang Raoult. ** Baca juga: Donald Trump Berencana Bikin Media Sosial Sendiri Setelah Diblokir Facebook dan Twitter

Baiknya bagi lingkungan, kotoran teripang sangat penting bagi kelangsungan ekosistem laut, seperti terumbu karang. Terlepas dari peran penting mereka dalam ekosistem terumbu, penangkapan teripang secara berlebihan mengancam populasinya di seluruh dunia.

Saat ini, diketahui tujuh spesies terancam punah dan sembilan di antaranya ‘rentan terhadap kepunahan’. Disebutkan, semakin sedikit teripang, berpotensi menjadi ancaman bagi terumbu karang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru