oleh

Ahli Bedah di New York Sukses Lakukan Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia

Kabar6-Ahli bedah di New York, Amerika Serikat (AS) bernama dr Robert Montgomery dam timnya berhasil melakukan transplantasi ginjal babi ke manusia. Orang yang menjadi eksperimen adalah pasien mati otak dengan gejala disfungsi ginjal.

Dr Montgomery melakukan eksperimen itu di New York University Langone Health. Melansir ariananews, hasil transplantasi cukup memuaskan, ginjal dapat bekerja menghasilkan urine dalam jumlah normal dan memulihkan kembali kadar creatinin yang sebelumnya tidak normal.

Sementara profesor bedah transplantasi di Johns Hopkins School of Medicine, dr Dorry Segev, mengakui keberhasilan itu dapat menjadi terobosan besar.

Diketahui, organ babi lain seperti jantung, paru-paru, dan hati dapat memberikan harapan kepada lebih dari 100 ribu orang Amerika yang saat ini berada dalam daftar tunggu transplantasi. Dr Montgomery sendiri diketahui juga mentransplantasikan kelenjar timus yang berperan sebagai sistem kekebalan. Tujuannya untuk mencegah reaksi kekebalan terhadap ginjal.

Babi disebut memiliki keunggulan daripada primata untuk pengadaan organ transplantasi. Hewan ini lebih mudah dibesarkan dan tumbuh lebih cepat mencapai ukuran manusia dewasa dalam enam bulan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru