oleh

Agar Sang Anak Bisa Bersekolah, Pria Ini Gali Tanah untuk Bangun Jalan

Kabar6-Jalandhar Nayak memang seorang ayah teladan yang sangat menyayangi anak-anaknya. Bagaimana tidak, pria asal desa terpencil di negara bagian Orissa, India timur, ini rela menggali tanah dan membangun jalan, hanya bermodalkan cangkul dan linggis, agar ketiga anaknya dapat bersekolah.

Nayak dan anak-anaknya tinggal di rumah yang berjarak sekira 9 kilometer dari sekolah. Dilansir The Guardian, rute pulang anak laki-laki Nayak harus ditempuh selama tiga jam melintasi lima bukit. Demi mempersingkat jarak tempuh, selama dua tahun terakhir, Nayak berangkat setiap pagi dengan peralatannya, dan menghabiskan waktu hingga delapan jam untuk memotong batu, dan mengeluarkan batu-batu besar. Hingga akhirnya ia berhasil membuat sebuah jalan pintas, meskipun belum semuanya selesai.

Usaha keras Nayak ini mendapat pengakuan dari pejabat setempat, yang mengatakan bahwa mereka akan menyelesaikan bagian jalan yang tersisa. Tidak hanya itu, Nayak juga akan mendapat bayaran atas pekerjaan yang telah diselesaikannya. Berkat Nayak juga, kini satu buah mobil bisa melintasi jalan tersebut. Dan setelah semua jalan selesai dikerjakan, akan menghubungkan desa Nayak ke kota tempat sekolah anak-anaknya berada.

“Anak-anak saya sulit berjalan di jalan sempit dan berbatu saat pergi ke sekolah mereka. Saya sering melihat mereka terhuyung-huyung melawan batu, dan saya memutuskan untuk membuat jalan mengikis gunung, sehingga mereka dapat berjalan dengan bebas,” kata Nayak. ** Baca juga: Keren! Omoshiroi Block, Kertas Memo yang Bisa Jadi Sebuah Bangunan

Di sisi lain, Nayak juga meminta pemerintah daerah untuk menyediakan listrik dan air minum bersih desanya. Usaha yang patut diacungi jempol.(ilj/bbs)

Berita Terbaru