oleh

Agar Dapat Selamatkan Diri, Pusat Penitipan Anak di Jepang Ajarkan Cara Pencet Klakson Bus

Kabar6-Pusat penitipan anak di Kota Sayama, Jepang Timur, mengajarkan para murid cara menggunakan klakson apabila suatu saat nanti mereka tertinggal sendirian di bus, sebagai upaya untuk menyelamatkan diri.

Dari 140 anak yang berada di pusat penitipan itu, melansir Mainichi, sebanyak 42 anak dari kelas yang lebih muda dan wali mereka berpartisipasi dalam latihan, termasuk polisi Kota Sayama. Mereka menjelaskan kepada anak-anak sejumlah model kemudi mobil, dan bagaimana cara untuk membunyikan klakson hingga seseorang datang menemui, jika tertinggal dalam bus sendirian.

Anak-anak pun duduk satu per satu di atas kemudi dan membunyikan klakson. Pelatihan ini diajarkan berdasarkan pengalaman, karena sebelumnya seorang anak perempuan berusia tiga tahun dari Kota Makinohara, Prefektur Shizouka, tewas setelah tertinggal sendirian dalam bus. ** Baca juga: Jadi Tameng untuk Kabur, Kawanan Perampok Brasil Ikat Tawanan di Atap Mobil

Anak perempuan itu tertinggal selama lima jam dalam bus ketika panas kota itu meningkat di atas 30 derajat Celcius.(ilj/bbs)