oleh

Agar Aman, Ikuti Cara Bermedia Sosial yang Tepat

Kabar6-Zaman sekarang, media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Meskipun ada sejumlah manfaat positif yang didapat dengan bermedia sosial, di satu sisi ada media sosial yang memuat konten tidak pantas, sehingga berefek tidak baik bagi generasi muda.

Bagaimana solusinya? Melansir tabloidbintang, ada beberapa tip yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kemunculan konten yang tidak pantas di akun media sosial. Apa sajakah itu?

1. Berhati-hati memilih teman di media sosial
Berteman dan terhubung dengan banyak orang di media sosial tentu adalah hal yang luar biasa, tapi hal tersebut juga dapat membawa dalam situasi berbahaya.

Saat ini banyak penipu menyalahgunakan identitas pengguna media sosial melalui pembuatan identitas palsu. Dengan memilih dan menerima teman virtual secara selektif, maka akan mengurangi risiko menjadi korban kejahatan cyber.

2. Hindari klik link/tautan yang tidak jelas
Ada banyak tautan dengan thumbnail memikat yang tersebar di media sosial dengan sumber yang tidak jelas. Seringkali, tautan tersebut akan mengarahkan untuk mengunduh lampiran yang berujung pada tereksposnya data ponsel atau personal computer Anda ke program malware, yang dirancang untuk merusak dengan menyusup ke dalam sistem komputer. Jadi, hindari mengunjungi tautan yang tidak dikenal.

3. Gunakan sandi yang berbeda serta unik pada setiap akun media sosial
Menggunakan sandi yang berbeda, unik dan kuat dalam setiap media sosial juga merupakan suatu hal yang penting. Menggunakan satu sandi untuk setiap akun dapat mempermudah proses masuk (log-in), namun itu sama saja dengan menggunakan satu kunci untuk membuka semua pintu, mengindikasikan tingkat keamanan yang rendah.

4. Buat konten yang bijak dan bermanfaat
Untuk menciptakan ekosistem yang baik di media sosial, Anda sebagai pengguna juga harus ikut berkontribusi dengan membuat konten yang bijak serta bermanfaat.

Berpikir sebelum melakukan apa pun di media sosial merupakan hal yang penting demi terciptanya ekosistem media sosial yang lebih baik. ** Baca juga: Usir Insomnia dengan 5 Jenis Makanan Ini

5. Mengaktifkan fitur privasi
Cara termudah untuk mengamankan konten dan akunmu di media sosial adalah dengan mengaktifkan fitur privasi. Dengan melakukannya, secara otomatis Anda bisa mencegah orang asing untuk mengakses profil yang memungkinkan terjadinya kejahatan cyber, seperti penipuan, pembajakan, kebocoran data, dan lainnya.

Jadi bijak sekaligus berhati-hatilah dalam menggunakan media sosial.(ilj/bbs)

Berita Terbaru