oleh

Aduh, Hewan Ini Bikin Berisik

Kabar6-Pada malam hari atau ketika melewati wilayah tertentu, kita sering mendengar suara aneh yang berasal dari hewan tertentu. Terkadang selain membuat gaduh, suara hewan tersebut bagi sebagian orang sering membuat bulu kuduk berdiri.

 

Ternyata, suara tersebut dikeluarkan untuk maksud tertentu. Nah hewan apa sajakah yang sering membuat suara?

 

1. Alligator

Buaya dapat membuat suara infrasonic yang menimbulkan gulungan air kecil di permukaan. Meskipun frekuensi yang dihasilkan terlalu rendah untuk didengar manusia, namun dapat mencapai jarak jauh untuk menjangkau calon pasangan.

 

2. Kakapo

Bentuknya seperti burung kiwi besar. Pada musim kawin, kakapo jantan akan menciptakan semacam amfiteater di lingkungan mereka sendiri. Ketika berdeham, kantung udara di dadanya akan mengembang.

 

Selanjutnya, melepaskan suara beresonansi tinggi yang dapat didengar hingga tiga mil. Ritual ini akan berlangsung setiap malam selama empat bulan. Mereka memompa keluar hingga 10.000 panggilan.

 

3. Serigala

Lolongan serigala dapat mengidentifikasi satu sama lain dari jarak jauh. Hal itu dimaksudkan agar para pemangsa tidak dapat menebak berapa banyak serigala yang akan mereka hadapi.

 

4. Monyet Howler

Memiliki kantung khusus pada tenggorokan monyet, untuk menakut-nakuti makhluk lain di sekitarnya.

 

5. Gajah

Gajah menggunakan lebih dari 25 panggilan yang berbeda, dan dapat berkomunikasi jarak jauh dengan bantuan Infrasonik frekuensi rendah, sub-sonik gemuruh yang sebenarnya dapat dirasakan melalui kulit sensitif gajah pada kaki dan bagasi.

 

6. Jangkrik

Pada musim kawin, jangkring akan terdengar “ribut. Bayangkan, lebih dari 250 jenis jangkrik akan membunyikan suara khas mereka masing-masing.

 

7. Kelelawar

Menggunakan gelombang ultrasonik untuk navigasi. Dalam hal ini, gelombang ultrasonik merupakan gelombang ultra (di atas) frekuensi gelombang suara (sonik).

 

8. Ikan Haring

Hewan ini memancarkan gas dari pantat mereka untuk berbicara dengan satu sama lain serta menakut-nakuti predator. Namun suara tersebut tidak dapat didengar manusia.

 

9. Ikan Paus Biru

Paus biru menghasilkan suara sebesar 188 desibel. Sebagai perbandingan, pesawat jet saja yang hendak lepas landas menghasilkan suara 120 desibel.

 

10. Udang Pistol

Udang jenis ini bisa menghasilkan suara mirip letusan pistol. Suara yang dihasilkan sebesar 200 desibel. ** Baca juga: Bangunan Ini Bukan Sembarang Tembok

 

Sungguh mengagumkan ciptaan Yang Kuasa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru