oleh

Adde Rosi Khoerunnisa Ikuti Pembukaan Orientasi Lemhannas

Kabar6-Caleg terpilih DPR RI periode 2019-2024 Dapil Banten 1 (Pandeglang Lebak) dari Partai Golkar, Adde Rosi Khoerunnisa mengikuti “Peresmian Pembukaan Orientasi dan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Bagi Anggota DPR RI dan DPD RI Terpilih Periode 2019-2024” di Birawa Assembly Hotel Bidakara Jakarta, Senin (26/8/2019).

Kegiatan ini dibuka oleh Presiden Jokowi dan dihadiri oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI Osman Sapta Odang dan Gubernur Lemhannas Agus Widjoyo beserta 575 anggota DPR RI dan 136 anggota DPD RI terpilih.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Lemhannas ini akan berlangsung dari tanggal 26 Agustus sampai dengan 27 September 2019 dan dibagi menjadi 4 gelombang untuk DPR RI dan 1 gelombang untuk DPD RI.

Adde Rosi sendiri masuk pada orientasi gelombang ke-4 tanggal 21 sampai dengan 27 September 2019.

Dalam laporannya, Gubernur Lemhannas menyampaikan bahwa salah satu tujuan diselenggarakannya orientasi ini adalah untuk memantapkan calon anggota DPR RI dan DPD RI terpilih mempunyai karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat dengan empat konsensus kebangsaan yang sudah disepakati.

Kendati demikian, pemantapan nilai-nilai kebangsaan sendiri akan diperkuat melalui banyaknya materi yang akan diterima oleh peserta orientasi diantaranya tentang kewaspadaan nasional dan kepemimpinan nasional.

Selanjutnya, Presiden Jokowi mengingatkan tentang tantangan yang dihadapi bangsa ini semakin berat di era revolusi industri 4.0, diantaranya persaingan ekonomi global, disrupsi informasi, intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Karena itu, menuntut semua elemen bangsa untuk bekerja dan memutuskan lebih cepat agar menjadi bangsa pemenang.“Negara pemenang adalah negara yang cepat, bukan negara yang besar,” tegasnya.

Dalam forum-forum global, yg dikeluhkan oleh banyak negara adalah soal regulasi yg ketinggalan dengan cepatnya revolusi industri.

Ini membutuhkan sebuah ekosistem politik, ekonomi dan budaya yang cepat menyesuaikan. Kita ini masih memakai pola-pola lama, memakai cara-cara lama.

“Dalam membuat Undang-Undang misalnya, masih dirasakan lama skali prosesnya,” tambahnya.

Dalam sambutannya, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, setuju dengan Presiden Jokowi soal perlunya reformasi dalam pembentukan UU secara bersama-sama dalam Periode 2019-2024.

Namun, Ia juga mengingatkan bahwa dalam proses pembentukan undang-undang itu dilakukan secara bersama-sama dengan pemerintah.

Dengan demikian, perlunya peningkatan kerjasama yang kuat antara eksekutif dengan legislatif.

“Maka Orientasi ini diharapkan dapat memberikan informasi, pemahaman dan perkembangan terbaru ketiga fungsi dewan agar secepat mungkin dapat beradaptasi di lembaga parlemen,” ujarnya.**Baca juga: Ayah Meninggal, Istri Dan Anak Sakit Di Rajeg Butuh Pengobatan.

Selain Adde Rosi, nampak pula terlihat diantaranya dalam pembukaan orientasi dari Dapil Banten I Hasbi Ashidiqi Jayabaya (PDI Perjuangan), Dimyati Natakusumah (PKS), dan Rizki Aulia Rahman (Partai Demokrat), dari Dapil Banten II Ichsan Soelistio (PDI Perjuangan), TB Haerul Jaman (Partai Golkar), dan Nuraeni (Partai Demokrat), dan dari Dapil Banten III Ananta Wahana (PDI Perjuangan) dan Andi Achmad Dara (Partai Golkar).(Oke)

Berita Terbaru