oleh

Adam, Jembatan Purba Tertua di Dunia

Kabar6-Adam Bridge atau Rama Bridge disebut sebagai salah satu tempat yang menyimpan misteri di dunia. Jembatan ini adalah rangkaian batu kapur buatan (bukan karena peristiwa alam), merupakan ‘jembatan purba misterius’ sepanjang 18 mil (30 km) yang menghubungkan Pulau Mannar, Sri Langka, dengan Pulau Pamban, India.

Jembatan Adam, melansir deccanchronicle, diperkirakan telah berusia satu juta tahun, dan sangat mudah terlihat dari atas permukaan air laut, karena letaknya yang tidak terlalu dalam, yaitu hanya tergenang 1-2 meter jika air laut sedang surut. Menurut tafsiran para ahli, diperkirakan Jembatan Adam ini erat kaitannya dengan wiracarita terkenal India, Ramayana.

Jembatan itu pertama kali disebutkan dalam wiracarita berbahasa Sanskerta, Ramayana gubahan Walmiki. Dunia barat menemukannya pertama kali dalam buku ‘Karya bersejarah di abad ke-9’ oleh Ibnu Khordadbeh, dalam buku tentang jalan dan negara sekira 850 M. Merujuk pada tempat yang disebut Set Bandhai atau Jembatan Laut.

Menurut wiracarita Ramayana, jembatan tadi dibangun oleh pasukan manusia monyet (wanara) di bawah pengawasan Rama. Dibangun sebagai tempat penyeberangan menuju kerajaan Alengka dalam misi untuk menyelamatkan Dewi Sinta yang sedang berada dalam masa penculikan oleh Raja Alengka yaitu Rahwana.

Menurut sejarah Hindu, sejarah dunia terbagi menjadi empat masa, yaitu Satyayuga (1.728.000 tahun), Tretayuga (1.296.000 tahun), Dwaparayuga (864.000 tahun) dan Kaliyuga (432.000 tahun).

Tahap sekarang menurut kalender mereka adalah Kaliyuga. Kisah Ramayan dalam kalender Hindu terjadi pada masa Tretayuga. Berarti menurut catatan dalam epos tersebut, usia dari Jembatan Adam berkisar 1.700.000 tahun.

Karena memisahkan laut India dan Sri Lanka, wilayah itu disebut Sethusamudram yang berarti ‘Jembatan Laut’. Petanya dibuat oleh pembuat peta Belanda pada 1747, tersimpan di Perpustakaan Saraswati Mahal di Tanjore, menunjukkan wilayah ini sebagai Ramancoil, dari bahasa Tamil ‘Raman Kovil’ (Kuil Rama).

Peta pertama yang menyebutkan, daerah ini Jembatan Adam (Adam’s bridge) dibuat oleh pembuat peta dari Inggris pada 1804, merujuk kepada legenda Islam yang menyatakan bahwa Nabi Adam menggunakan jembatan untuk mencapai Puncak Adam di Sri Lanka, di mana ia berdiri bertobat dengan satu kaki selama 1.000 tahun, meninggalkan tanda berupa lubang besar menyerupai tapak kaki. ** Baca juga: Molaison Punya Otak yang Disebut Paling Terkenal di Dunia

Baik puncak maupun jembatan diberi nama menurut legenda ini.(ilj/bbs)

Berita Terbaru