oleh

Adakah Manfaat Olahraga untuk Pencernaan?

Kabar6-Sistem pencernaan adalah serangkaian jaringan organ yang bekerja untuk mencerna makanan. Selama dalam saluran pencernaan, makanan akan mengalami proses pencernaan, baik secara mekanik maupun secara kimia.

Pencernaan secara mekanik adalah proses pengubahan makanan dari bentuk besar atau kasar menjadi bentuk yang lebih kecil atau halus. Proses itu terjadi dalam mulut dengan bantuan gigi dan lidah, juga terjadi dalam lambung dengan bantuan gerak peristaltik dinding lambung, sehingga makanan seperti diaduk.

Sedangkan, pencernaan secara kimia adalah proses pengubahan zat makanan dari bentuk yang kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana dengan bantuan enzim pencernaan.

Sistem pencernaan membantu memecah makanan yang Anda konsumsi, dan menyerap nutrisi untuk sebagian besar bagian tubuh. Termasuk memberikan energi untuk tubuh. Gaya hidup Anda, pola makan, dan budaya kerja dapat memiliki banyak efek buruk pada sistem pencernaan, yang dapat memicu berbagai macam komplikasi pada sistem pencernaan Anda.

Untuk membantu pencernaan tetap sehat, melansir stylecraze, Anda harus melakukan gaya hidup dan pola makan sehat. Nah, gaya hidup sehat salah satunya dengan rutin olahraga, yang akan terjadi peningkatan sirkulasi darah. Olahraga membantu meningkatkan aliran darah dalam Anda, termasuk sistem pencernaan. Olahraga membantu pencernaan Anda agar tidak ‘malas’ dan tetap bergerak.

Olahraga juga dapat membantu Anda terhindari dari masalah seperti kembung, mulas, sembelit dan kram perut. Namun ada dua hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:

1. Lakukan olahraga sesuai kemampuan Anda. Jauh lebih baik dimulai dengan intensitas ringan yang ditambahkan secara perlahan. ** Baca juga: Sejumlah Rempah-rempah Ternyata Bisa Bantu Anda Turunkan Berat Badan

2. Jangan berolahraga dalam kondisi perut penuh, karena bisa menyebabkan terjadinya sesak napas, mual, muntah dan bahkan pusing.

Selain berolahraga, Anda juga harus memperhatikan pola makan. Konsumsi makanan bergizi dengan diet seimbang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru