oleh

Adakah Jarak Ideal Untuk Pasutri?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Berapa jarak usia Anda dan pasangan? Sebagian orang mengatakan bahwa usia hanyalah sebuah angka, karena cinta tidak memiliki batasan, termasuk usia.

Namun, berdasarkan studi dari Emory University di Atlanta, dikutip dari Kompas, jarak usia pasangan mempengaruhi keberlangsungan hubungan di masa depan.

Studi yang melibatkan 3 000 responden ini menemukan perbedaan usia paling ideal untuk pernikahan dan jarak usia yang berpotensi bercerai.

Ternyata, pasangan dengan beda usia lima tahun, hanya 18 persen yang akhirnya berpisah, selebihnya langgeng hingga bertahun-tahun.

Lalu, 39 persen pasangan beda usia hingga 10 tahun, ditemukan memilih mengakhiri pernikahan dengan perceraian. Pasangan dengan beda usia 20 tahun, kecil harapan untuk langgeng, sebab potensi bercerai mencapai 95 persen.

Disebutkan juga, pasangan dengan beda usia hanya satu tahun, potensi bercerainya hanya tiga persen. Namun penelitian ini bukan fakta solid, karena peneliti menyimpulkan hanya lewat data perceraian di beberapa negara di dunia.

Setiap pasangan, dijelaskan peneliti, memiliki pola hubungan, rencana, dan ekspektasi yang berbeda. Ketiganya bisa mempengaruhi kualitas rumahtangga.

“Hasil studi diambil dari data kolektif pasangan yang telah resmi bercerai. Sebab, banyak pasangan bercerai karena alasan lain dan tidak ada hubungannya dengan perbedaan usia,” jelas Hugo Mialon, Peneliti dari Emory University. ** Baca juga: Tak Miliki Teman Bisa Terkena Risiko Sakit Jantung

So, jangan khawatir dengan perbedaan usia di antara Anda dan pasangan ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru