oleh

Adakah Dampak Kesehatan Bagi Remaja yang Doyan ‘Ngopi’?

Kabar6-Hampir sebagian besar orang, tanpa memandang usia, gemar minum kopi. Bahkan kini, kopi sudah menjadi tren di kalangan remaja. Namun, apakah kopi baik dikonsumsi oleh mereka di usia muda?

Kopi mengandung kafein yang bersifat sebagai zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, kafein bisa mengakibatkan hal buruk untuk kesehatan. Jadi, harus perhatikan aturan dan takaran per harinya, agar kopi tidak memberikan efek buruk.

Lantas, apakah remaja tidak diperbolehkan mengonsumsi kopi? Pada umumnya, melansir Huffpost, remaja sedang mengalami pertumbuhan hormon signifikan yang membuat emosinya tidak stabil, sehingga remaja dianjurkan untuk tidur yang cukup. Menurut National Sleep Foundation, waktu tidur remaja yang ideal adalah 8-10 jam per malamnya, agar otak dapat berfungsi dengan baik.

Jawaban aman atau tidaknya itu tak begitu pasti. Namun menurut dokter Spesialis Kesehatan Remaja bernama Dr. Catherine Miller, tidak ada masalah remaja mengonsumsi kopi selama dalam dosis kecil.

Remaja yang terlalu banyak mengonsumsi kopi akan mengalami efek samping seperti insomnia, sakit kepala, mudah tersinggung, dan jantung berdebar-debar. Karena itulah, para remaja dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kopi dalam dosis besar atau berlebihan.

Menurut Pusat Kesehatan Kanada, dosis yang tepat untuk remaja 13 tahun ke atas tidak lebih dari 2,5 mg kafein per kilogram berat badannya. Misalnya, remaja berusia 16 tahun dengan berat badan 52 kg, tidak dianjurkan mengonsumsi kafein lebih dari 130 mg per harinya.

Dalam dosis kecil, kopi tetap memiliki manfaat seperti menghilangkan kelelahan dan meningkatkan daya ingat. Sebaiknya, para remaja jangan mengonsumsi kopi pada sore dan malam hari, karena akan mengganggu kualitas tidur. ** Baca juga: Saat Menelepon Wanita Pujaannya, Suara Pria Berubah

Tak hanya kopi yang harus dibatasi, juga minuman kemasan dan minuman berenergi karena banyak mengandung gula dan bahan kimia yang berbahaya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru