oleh

Ada Rumah Berkubah Emas di Tengah Perumahan di Vietnam

Kabar6-Seorang pengusaha kaya raya asal Vietnam membangun kediaman pribadi bak istana lengkap dengan atap kubah berlapis emas dan dinding berdekorasi rumit, sehingga membuat takjub banyak orang, terlebih bentuknya sangat menonjol di antara pemukiman sekitarnya.

Rumah yang dibangun di jantung kota Gia Vien, provinsi Ninh Binh, Vietnam, ini mendapat sebutan Istana Thanh Thang. Melansir Odditycentral, konon untuk membangun istana ini sang miliarder yang bernama Do Van Tien (52), memerlukan dana sebesar Rp168 miliar. Foto-foto Istana Thanh Thang sendiri telah banyak beredar di media sosial Vietnam. Istana Thanh Thang diambil dar nama dua putranya, Thanh dan Thang.

Pembangunan istana ini diperkirakan memerlukan sekira 1.000 ton besi, 4.000-5.000 ton semen, dan puluhan ribu ton pasir serta batu bata untuk membangun istana modern tersebut. Bangunan utama memiliki tinggi enam lantai dengan luas 1.700 meter persegi.

Rumah ini juga memiliki lantai bawah tanah yang terbagi menjadi tiga area utama yaitu garasi seluas 700 meter persegi yang dapat menampung hingga 30 mobil, garasi berukuran lebih kecil dengan kapasitas 20 mobil dan ruang musik lengkap dengan panggung kecil. ** Baca juga: Malaysia Bakal Punya Mobil Terbang

Hingga kini, Istana Thanh Thang yang akan menyala di malam hari, dianggap sebagai proyek arsitektur paling mengesankan di Provinsi Ninh Binh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru