oleh

Ada Miniatur Tol Air Solusi Tangani Banjir di Solear

Kabar6-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengunjungi pembangunan miniatur Tol Air di Harapan Sentosa Jalan Raya Cikuya 14 RT01/01, Tangerang, Cikuya, Kecamatan Solear, Sabtu (15/01/2022). Infrastruktur ini disebut dapat mencegah terjadinya banjir saat curah hujan meningkat.

Sudirman Indra, pembangun miniatur Tol Air mengatakan, salah satu permasalahan banjir di DKI Jakarta bersumber dari kiriman air dari Bogor yang mengalir ke Laut Jawa melewati Jakarta. Ketika air tersebut sampai di Jakarta, timbul banjir yang biasanya terpusat di kawasan sekitar sungai Ciliwung.

“Konsep pembangunan Tol Air sederhana saja. Pipa dengan diameter 10 meter dipasang di bawah sungai disepanjang alur sungai dari Katulampa Bogor hingga laut Jakarta sejauh 50 kilometer dan tidak diperlukan pembebasan lahan,” ungkap Sudirman.

Menurut Sudirman, jika hujan deras dan berdampak banjir, maka secara otomatis tertutup pipa Tol Air di hulu akan terbuka dan air masuk kedalam pipa.

Air banjir melalui pipa Tol Air ini bergerak lebih cepat dibandingkan dengan aliran di atas permukaan tanah. Maka aliran bah di atas permukaan tanah dapat diminimalisir.

“Saat hujan sudah reda katup Tol Air secara otomatis akan tertutup lagi baik yang di hulu maupun di laut Jakarta. Di dalam pipa Tol Air ini tersimpan cadangan air sebanyak 4 juta meter kubik dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bahan baku PDAM DKI Jakarta dan kebutuhan lainya,” paparnya.

Sudirman sebutkan, ide atau gagasan penemuan pembangunan Tol Air ini dapat dibuktikan secara ilmiah dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sangat mendukung. Bahkan juga pernah mendapatkan kunjungan dari Belanda.

Selain itu, pernah dipresentasikan dihadapan Gubernur DKI Jakarta sebagai salah satu solusi untuk mengurangi bencana banjir.

“Saya berharap Pak Zaki Iskandar, Bupati Tangerang, yang juga Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, dapat menyampaikan gagasan pembangunan Tol Air ini untuk bisa direalisasikan oleh Pemerintah DKI Jakarta bersama Pemerintah Pusat dalam upaya penanggulangan banjir di DKI,” ucapnya Sudirman Indra.

**Baca juga: Banten Diguncang Gempa, Warga: Langsung Baca Doa-doa

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, sangat mengapresiasi gagasan untuk membangun Tol Air ini dalam upaya mengurangi banjir di DKI Jakarta. Konsep ini harus dipaparkan juga di tingkat kementerian.

“Saya sangat bangga ada warga Solear, Kabupaten Tangerang, jauh-jauh sudah memikirkan bagaimana solusi mengurangi banjir di DKI Jakarta. Ini luar biasa dan perlu didukung semua pihak,” ujar Zaki.(Rez)

Berita Terbaru