oleh

Ada Manfaat Kesehatan Saat Anda Mulai Kurangi Konsumsi Nasi Putih

Kabar6-Meskipun sedang menjalankan program diet, kebutuhan tubuh akan karbohidrat harus tetap terpenuhi. Biasanya tidak sedikit orang yang mengurangi konsumsi nasi putih, dan menggantinya dengan karbohidrat jenis lain yang memiliki kalori rendah.

Mengonsumsi nasi putih secara berlebihan, menurut banyak ahli gizi, juga dapat memberikan berbagai dampak negatif bagi kesehatan. Melansir tabloidbintang, ada sejumlah manfaat apabila Anda mengurangi konsumsi nasi putih. Apa sajakah itu?

1. Kurangi risiko alergi
Ada beberapa orang yang mengalami alergi karena makan nasi putih. Jadi mengurangi konsumsi nasi putih otomatis akan mengurangi risiko munculnya gejala alergi seperti gatal-gatal, bersin dan sesak napas.

2. Kurangi risiko obesitas
Nasi putih yang kita konsumsi akan berubah menjadi energi. Namun, jika kita kurang bergerak dan malas berolahraga, maka nasi yang dikonsumsi akan berubah menjadi lemak dan membuat berat badan makin bertambah.

3. Pencernaan lebih lancar
Kebiasaan tidak mengonsumsi nasi putih akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Pasalnya, karbohidrat yang terkandung dalam nasi putih dapat menyebabkan munculnya gangguan pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan.

4. Jaga kadar gula darah
Mengurangi konsumsi nasi juga bisa menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Hal itu karena tingginya indeks glikemik pada nasi dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. ** Baca juga: Penelitian Temukan, Keluhan Migrain Berkurang Seiring Bertambahnya Usia

Jadi bukannya menghilangkan nasi putih dalam menu Anda, tapi ada baiknya untuk mengurangi porsinya agar tubuh tetap sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru