oleh

Ada Jenis Penyakit Seks yang Dapat Ditularkan Lewat Kumis & Janggut

Kabar6-Penyakit menular seksual (PMS), kini dikenal dengan istilah infeksi menular seksual atau IMS, adalah penyakit atau infeksi yang umumnya ditularkan melalui hubungan seks tidak aman. Penyebaran bisa melalui darah, sperma, cairan Miss V, atau pun cairan tubuh lainnya.

Namun tahukah Anda, IMS ternyata bisa juga ditularkan melalui kumis dan janggut? Meskipun penularan penyakit tersebut cukup kecil, rambut pada bagian wajah seorang pria berupa kumis dan janggut dapat menjadi tempat ‘persembunyian’ sejumlah kuman dan bakteri. Melansir sehatfresh, IMS apa sajakah yang dimaksud?

1. Virus herpes
Penyakit virus herpes merupakan jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus simplek, memiliki dua jenis yaitu virus herpes simplek tipe 1 dan 2. Tanda utama dari penyakit ini yaitu adanya bentolan berair di alat kelamin, mulut dan anus. Penyakit ini seringkali ditularkan melalui kumis dan janggut.

2. Infeksi jamur
Kumis dan janggut merupakan tempat persembunyian jamur yang menyebabkan infeksi jamur pada kemaluan, biasanya infeksi jamur yang sering terjadi disebabkan oleh Candida Albican penyebab keputihan.

3. Bakteri staphylococcus
Kumis dan janggut juga dapat menularkan bakteri staphylococcus yang menjadi penyebab infeksi menular seksual. Selain itu, bakteri tersebut dapat menjadi penyebab masalah kewanitaan berupa keputihan.

Apabila seorang wanita mengalami keputihan dan tidak segera diatasi, maka akan mengarah pada kondisi yang tidak normal. Keputihan yang sudah tidak normal ditandai dengan bau yang tidak sedap atau busuk dan berwarna kuning kehijauan. Hal ini sudah menandai adanya infeksi dan termasuk ke dalam kondisi yang lebih parah.

4. Kutu kemaluan
Pthiriasis merupakan istilah dari manifestasi kutu kemaluan yang pada umumnya penyebarannya melalui kontak seksual. Kondisi kutu ini tidak hanya dapat terjadi di bagian tersebut akan tetapi dapat menempel pula pada kumis, janggut bahkan ketiak. Kutu kemaluan biasa disebut dengan kepiting karena bentuknya yang menyerupai hewan tersebut.

5. Impetigo
Imfetigo merupakan suatu penyakit menular yang dapat di tutupi oleh janggut dan kumis yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang mengakibatkan terbentuknya luka terbuka yang berwarna kemerahan.

Penularan penyakit menular seksual melalui janggut bisa terjadi karena kurangnya perawatan sehingga janggut dan kumis tersebut dalam kondisi kotor dan mengakibatkan penumpukan virus dan bakteri. Apabila seorang pria tidak bisa merawat kumis atau jenggotnya dengan baik maka hal ini akan menjadi tempat perkembangbiakan kuman dan bakteri. ** Baca juga: Oops…4 dari 10 Wanita Tidak Siap Saat Lepas Keperawanan

Hal ini sangat berisiko menularkan penyakit kepada pasangannya. Solusinya, jangan lalai merawat kebersihan kumis dan janggut agar tidak menjadi sarang berkembangbiaknya kuman.(ilj/bbs)

Berita Terbaru