oleh

Ada Alasan Ilmiah Mengapa Pria dan Wanita Jatuh Cinta

Kabar6-Setiap orang tentu akan mengalami apa yang dinamakan jatuh cinta. Apa yang membuat Anda jatuh cinta kepada lawan jenis? Benarkah hanya karena fisik semata, atau ada hal-hal lain yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah?

Sejumlah penelitian di dunia, melansir Kompas, tertarik untuk mencari tahu apa yang menyebabkan orang jatuh cinta pada lawan jenis mereka? Apa saja alasan ilmiahnya?

1. Banyak persamaan
Sebuah teori mengatakan, pasangan yang langgeng itu memiliki sedikit kesamaan. Namun, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Social Psychology merangkum, rasa cinta datang karena adanya persamaan. Persamaan nilai-nilai hidup, pengalaman hidup, level atraktif, dan usia bisa membuat seseorang jatuh cinta pada orang lain.

2. Mirip orangtua Anda
Menurut studi yang dirangkum dalam Evolution & Human Behaviour, seorang pria kemungkinan jatuh cinta dengan wanita yang mirip dengan ibunya, baik karakter maupun fitur fisik. Teori serupa juga terjadi pada wanita yang cenderung jatuh cinta dengan pria yang mirip ayahnya.

3. Aroma tubuh
Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Psychological Science mengungkapkan, aroma tubuh juga memainkan peranan penting yang membuat orang lain jatuh cinta. Studi itu mengatakan, wanita yang dalam masa subur menganggap pria dengan level testosterone tinggi menarik dan seksi.

Lalu, sejumlah pria juga mengungkapkan bahwa aroma tubuh wanita lebih harum saat periode menstruasi. ** Baca juga: Mana yang Lebih Banyak Nutrisinya, Buah Mentah atau Buah Matang?

Jadi, apa alasan Anda jatuh cinta kepada pasangan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru