Ada 6 Cara Unik yang Dilakukan Pria Agar Bisa Panjang Umur

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Pola makan sehat, berolahraga, cukup istirahat, atau menghindari stres adalah beberapa resep yang dilakukan agar panjang umur. Diketahui, wanita memiliki dua kromosom X yang memberi mereka cadangan jika mutasi terjadi, sehingga dapat hidup lebih lama. Sementara pria hanya memiliki satu kromosom X untuk mengekspresikan semua gen.

Ternyata selain itu beberapa cara di atas, terdapat beberapa cara yang disebut ‘menyenangkan’, terutama bagi pria, agar panjang umur. Dilansir Kompas, Ini dia enam cara unik yang dimaksud:

1. Menatap payudara
Menatap payudara memberikan manfaat untuk pria, yakni munculnya pikiran positif. Efek ini serupa jika kita gemas melihat binatang yang lucu. Riset pada 2012 lalu yang diterbitkan di Archives of Internal Medicine, melihat efek dari berpikir positif terhadap kesehatan pria.

Disebutkan, pemikiran positif memiliki efek yang kuat pada pilihan kesehatan. Misalnya, orang yang sakit lebih bersemangat untuk sembuh, dan yang sehat ingin lebih bugar.

2. Sering bercinta
Sebuah studi dari BMJ menemukan bahwa aktivitas seks dapat menurunkan angka kematian pria hingga 50 persen. Seks ternyata dapat mendukung kesehatan fisik dan menjadi pereda stres. Tentunya ini dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena penyakit.

Seks juga dapat memicu produksi serotonin, hormon bahagia, yang membuat kita merasa lebih baik secara keseluruhan. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa harapan hidup meningkat 3-8 tahun pada mereka yang lebih banyak mendapatkan orgasme atau kepuasan bercinta.

3. Menikah
Pria yang menikah memiliki harapan hidup lebih tinggi. Meskipun demikian, hal itu tergantung pada usia saat mereka menikah. Sebuah survei yang diikuti oleh 127 ribu orang Amerika menemukan bahwa pria yang menikah setelah berusia 25 tahun, cenderung hidup lebih lama ketimbang mereka yang menikah muda. Periset juga mempertanyakan apakah pria sehat lebih mungkin untuk menikah daripada pria yang memiliki masalah kesehatan.

Hasilnya, pria dengan masalah kesehatan lebih cepat menikah. Selain itu, penikahan mereka cenderung lebih awet atau bahkan, cepat mendapatkan kembali jodohnya setelah perceraian. Beberapa penelitian lain juga menyebutkan bahwa menjomblo akan membuat seseorang tidak berusia panjang.

4. Punya anak
Sebuah studi di Journal of Epidemiology & Community Health menemukan, ketika mencapai usia 60 tahun, pria yang memiliki anak melihat harapan hidup mereka meningkat dua tahun sementara wanita meningkat 1,5 tahun.

Pada usia 80 tahun, pria yang memiliki anak diperkirakan hidup delapan bulan lebih lama dibandingkan mereka yang tidak memiliki anak. Mungkin itu sebabnya memiliki anak baik untuk Anda.

5. Bertanggung jawab
Rasa tanggung jawab ternyata memberi keajaiban. Ini memberi seseorang perasaan dibutuhkan dan berguna, sehingga memiliki tujuan dalam hidup. Sebuah studi di Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa orang tua di panti jompo yang diberi tanggung jawab untuk merawat tanaman, mengalami peningkatan kemampuan sosialisasi, kewaspadaan, dan fungsi umum.

6. Memiliki ‘dad bod’ atau tubuh sedikit gemuk
Kebanyakan pria mengalami kenaikan berat badan sedikit setelah mereka memiliki anak, tapi itu tak selamanya buruk. Sebuah buku berjudul “How Men Age” berpendapat bahwa pria yang sedikit gemuk (bukan kegemukan) cenderung tidak menderita serangan jantung atau kanker prostat. Mereka juga lebih cenderung menginvestasikan waktu untuk anak-anaknya.

Penulis buku tersebut, Richard G. Bribiescas, mengatakan bahwa kenaikan kadar lemak juga membuat mereka lebih menarik bagi wanita. Tentu saja ini akan membuat pria hidup lebih bahagia dan berumur panjang. ** Baca juga: Sering Kesemutan, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Wow…(ilj/bbs)