oleh

Ada 5 Jenis Orang yang Cenderung ‘Disukai’ Oleh Nyamuk

Kabar6-Nyamuk selalu dapat menemukan sasarannya dengan tepat karena mereka melihat dengan gerakan, panas tubuh, dan bau tubuh. Sewaktu hinggap pada tubuh, nyamuk menempelkan mulutnya yang mirip sedotan disebut juga probosis. Lalu terdapat pisau yang akan merobek kulit korban maju mundur hingga menemukan urat darah, setelah itu baru darah yang ada diisap.

Setelah’kenyang’, nyamuk akan mencabut probiosis dan terbang. Air liur nyamuk yang tertinggal di kulit akan merangsang tubuh layaknya ada benda asing yang mengganggu, terjadilah proses yang dikenal dengan alergi, dan yang terjadi adalah bentol-bentol dan gatal.

Joseph Conlon, pakar serangga dari American Musquiteo Control Association, menyebutkan bahwa dalam realitanya nyamuk ternyata memiliki korban favorit tersendiri. Dikutip dari doktersehat, berikut adalah lima jenis orang yang cenderung disukai oleh nyamuk?:

1. Wanita hamil
Hal ini disebabkan oleh kecenderungan wanita hamil yang memproduksi karbondioksida 21 persen lebih banyak dari orang biasa, khususnya jika usia kehamilannya sudah melebihi 28 minggu. Karbondioksida adalah alasan utama mengapa nyamuk tertarik untuk menghisap darah kita.

2. Mereka yang mudah berkeringat
Orang yang cenderung mudah berkeringat akan memproduksi lactic acid dalam jumlah cukup banyak. Tak hanya itu, suhu tubuh juga akan meningkat dan kombinasi dari hal ini ternyata lebih disukai oleh nyamuk. Karena alasan inilah ada baiknya memastikan kamar tidur berada dalam kondisi yang sejuk agar kita tidak mudah berkeringat dan digigit nyamuk pada malam hari.

3. Pemilik golongan darah O
Journal of Medical Entomology menyebutkan, pemilik golongan darah O cenderung lebih sering digigit nyamuk ketimbang pemilik golongan darah jenis lainnya karena aroma tubuhnya jauh lebih menarik bagi nyamuk.

4. Gemar konsumsi alkohol
Mereka yang hobi mengonsumsi alkohol juga cenderung lebih disukai oleh nyamuk meskipun belum jelas apa penyebab dari hal ini. ** Baca juga: Tidak Hanya Mengandung Kolesterol, Ampela Ayam pun Miliki Sejumlah Nutrisi

5. Memiliki gen tertentu
Para peneliti dari London School of Hygiene and Tropical Medicine menyebutkan, sebagian orang memiliki gen yang ternyata sangat tidak disukai oleh serangga, termasuk nyamuk. Jika kita termasuk dalam orang yang tidak memiliki gen khusus ini, maka nyamuk pun akan lebih sering menggigit.

Jadi Anda termasuk jenis yang mana? (ilj/bbs)

Berita Terbaru