oleh

Ada 4 Alasan Penyebab Lemak di Perut Tak Kunjung Hilang

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Lemak yang ‘bersarang’ pada perut tentu akan mengganggu penampilan. Pada dasarnya, memiliki sedikit lemak di perut baik untuk tubuh, karena  berfungsi untuk melindungi perut, usus, dan organ halus lainnya. Namun tentu saja jika berlebih tidak baik untuk kesehatan.

Memiliki lemak yang berlebih di dalam perut, dilansir Dreamers dari Yahoo Health, dapat menghasilkan hormon adiposa dan adipokines yaitu senyawa kimia, mengakibatkan kekacauan yang mengalir dari pembuluh darah dan organ-organ, sehingga menimbulkan masalah mulai penyakit jantung sampai diabetes.

Sebenarnya, apa saja sih yang menyebabkan lemak di perut tak kunjung hilang?
1. Depresi
Penelitian di Rush University Medical Center menyebutkan bahwa seseorang, khususnya wanita, yang sedang mengalami gejala depresi biasanya memiliki lemak berlebih di perut mereka. Hal itu bisa terjadi karena depresi berkaitan dengan menurunnya aktivitas fisik dan buruknya kebiasaan makan.

2. Makanan kemasan
Sering mengkonsumsi makanan kemasan seperti karbohidrat sederhana dalam keripik kentang dan pemanis tambahan dalam minuman kemasan dapat membuat gula darah melonjak, yang memicu hormon insulin sehingga mendorong hati untuk menyimpan lemak di perut.

3. Menghemat asupan mineral
Mineral seperti magnesium mampu mengatur lebih dari 300 fungsi dalam tubuh. Orang yang lebih banyak mengkonsumsi magnesium dapat menurunkan gula darah dan insulin. Magnesium bisa didaptkan dari sayuran hijau, pisang, dan kacang kedelai. ** Baca juga: Waduh, Masak Nasi dengan Cara Biasa Bisa Picu Racun

4. Konsumsi makanan berwarna pucat/beige
Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang berwarna cerah dan segar seperti buah dan sayur yang kaya akan vitamin C untuk menurunkan karsitol. Penelitian terbaru di The Journal of Nutrition menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi nutrisi dari sayur dan buah berwarna merah, orens, dan kuning memiliki ukuran pinggang yang lebih kecil.

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru