oleh

9.745 Tenaga Guru di Tangsel Ikut Uji Kompetensi

Kabar6-Peranan guru kiranya sangat penting dalam mencerdaskan bangsa. Guru termasuk kategori pekerjaan profesional, karena memerlukan keahlian khusus.

Untuk itu, keberadaan guru mendapat perhatian lebih oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel). Guru didorong untuk terus meningkatkan kualitas, lewat uji kompetensi.

Kepala Bidang Pendidikan dan Tenaga Pendidikan pada Dinas Pendidikan Kota Tangsel, Didi Sutisna mengatakan, untuk meningkatkan kemampuan guru pada saat mengajar, maka perlu diadakan uji kompetensi guru (UKG).

Ujian bertujuan mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content Guru.

“Sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni,” ungkapnya, kemarin.

Menurutnya, kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi atau khusus bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik. Kemudian sesuai dengan kualifikasi akademik guru, khusus bagi guru yang belum bersertifikat pendidik.

“Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas,” jelas Didi. **Baca juga: Kapuspen Kemendagri Pertanyakan Lelang Jabatan di Pemprov Banten.

Menurutnya, untuk Kota Tangsel yang mengikuti ujian 9.745 guru seluruh tingkatan. Sedangkan, lokasi penyelengaraan uji di 9 sekolah. Di antaranya, SMKN 1 , SMKN 2, SMK Pustek, SMAN 10 , SMAN 4, SMAN 3, SMAN 6 dan SMA Negeri 2.

“Tes UKG dibagi tiga sesi, dari Senin-Jumat,” tambah Didi.(yud)

Berita Terbaru