oleh

95 Desa di Banten Terancam Kekeringan

Kabar6-Provinsi Banten terancam kekeringan. Setidaknya hal ini berdasarkan data yang dikeluarkan oleh  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten.

Dimana, sebanyak 95 desa dan empat kelurahan yang tersebar di 61 kecamatan mengalami kekeringan dan krisis air bersih.

“Kondisi (kekeringan) ini masih berskala lokal. Karena kekeringan yang terjadi belum melebihi separuh luas wilayah di Banten dan masih dapat ditangani pemerintah kabupaten kota masing masing,” kata kepala BPBD Banten, Komari, Jum’at (31/07/2015).

Dari data tersebut, tercatat daerah kekeringan terbanyak ada di wilayah Lebak dan Pandeglang dengan jumlah 20 kecamatan.

Disusul Kabupaten Serang sebanyak sepuluh kecamatan, Kabupaten Tangerang enam kecamatan, Kota Tangerang dua kecamatan. Sementara Kota Serang, Tangerang Selatan, dan Cilegon masing-masing satu kecamatan.

Musim kemarau di Provinsi Banten sendiri terjadi semenjak bulan Mei 2015. Dimana puncaknya musim kemarau akan terjadi pada bulan September mendatang dan akan berakhir pada bulan Oktober.

BPBD Banten memprediksi dalam tiga bulan mendatang akan terjadi penambahan jumlah daerah yang mengalami kekeringan. **Baca jugaL: 23 Hektare Sawah Di Cilegon Terancam Gagal Panen.

“walaupun terjadi hujan di beberapa daerah, hanya bersifat spontan. Apalagi, Banten masuk sebagai salah satu wilayah dengan cuaca ekstrem El Nino. Kondisi suhu bisa mencapai 35 derajat Celsius,” terangnya.(fir)

Berita Terbaru