oleh

8 Makanan Sehat yang Bantu Detoks Racun Tubuh

Kabar6-Pola hidup yang tidak sehat, seperti sering mengonsumsi makanan siap saji atau junk food, bisa membuat tubuh rentan terserang penyakit. Karena itulah, Anda disarankan untuk melakukan detoksifikasi agar tubuh tetap fit dan fresh.

Mengonsumsi makanan sehat adalah cara yang mudah dilakukan untuk detoks racun dalam tubuh. Melansir Grid, berikut delapan makanan yang bisa membantu detoksifikasi racun dalam tubuh:

1. Alpukat
Alpukat kaya akan antioksidan, salah satunya glutathione. Alpukat dapat membersihkan tubuh dengan cara mengeluarkan zat kimia beracun ke luar dari dalam tubuh, sehingga tubuh terasa lebih sehat dan segar.

2. Kranberi
Buah ini bagus untuk mencegah infeksi saluran kemih dan menyingkirkan racun yang mengendap serta bersifat antibakteri.

3. Kubis
Kubis sarat akan belerang yang penting untuk membantu menyingkirkan pestisida dan residu obat-obatan, yang bisa berbahaya jika mengendap di dalam tubuh.

4. Lemon
Lemon adalah buah kaya manfaat, digunakan untuk minuman atau perasaan airnya dapat menambah cita rasa masakan. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat melindungi liver dan membersihkan zat-zat kimia berbahaya.

5. Brokoli
Brokoli mengandung antioksidan yang dapat membersihkan tubuh, juga tinggi enzim yang dapat membantu sistem pencernaan yang bekerja efisien.

6. Bawang putih
Bawang putih juga kaya akan sulfur untuk membersihkan tubuh dari dalam, memiliki sifat antibiotik dapat membantu menyembuhkan peradangan.

7. Jeruk keprok
Jeruk keprok dapat membantu membersihkan sistem pencernaan dan mencegah terbentuknya batu ginjal. ** Baca juga: Mengapa Mudah Mengantuk Saat Puasa?

8. Biji bunga matahari
Mampu mendetoksifikasi liver sehingga lebih sehat. Biji bunga matahari juga dapat membuang racun berbahaya yang beredar di dalam tubuh. Dan juga dapat mencegah penumpukan kolesterol yang membahayakan jantung dan pembuluh darah.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru