75 Remaja Cilegon Putus Sekolah Dilatih Kewirausahaan

Ilustrasi (bbs)

Kabar6-Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kota Cilegon menggelar pelatihan kewirausahaan bagi 75 pencari kerja putus sekolah diwilayah tersebut.

Pelatihan kewirausahaan itu sendiri berlangsung di rumah dinas Walikota Cilegon, Rabu (16/3/2016).

Sedianya, pelatihan tersebut dilakukan guna menekan angka pengangguran di Kota Cilegon yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Untuk diketahui, angka pengangguran di Kota Cilegon kini sudah mencapai 12.000 jiwa. Mirisnya, angka tersebut didominasi oleh kalangan remaja putus sekolah.

“Ini kegiatan yang sangat bagus. Pemerintah akan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Mudah-mudahan pelatihan kewirausahaan ini bisa memotivasi pencari kerja, karena jika mengandalkan lowongan sangat terbatas,” kata Walikota Cilegon, Tb Iman Ariyadi usai membuka kegiatan. **Baca juga: Cabai Naik, Pemkab Tangerang Imbau Pedagang Jangan Curang.

Menurut Iman, selain minimnya lowongan pekerjaan, tingginya angka pengangguran di Kota Cilegon juga dikarenakan keterbatasan keterampilan, sehingga banyak tenaga kerja lokal tidak terserap. **Baca juga: Disnakertrans Kabupaten Tangerang Pastikan, Lowongan Kerja Banyak.

Pelatihan kewirausahaan itu sendiri, fokus pada bidang peternakan lele, katering dan tanaman hidroponik. Nantinya, peserta akan mendapatkan bantuan pemagangan selama dua bulan serta bantuan permodalan. **Baca juga: Jambret Tas Wanita, Dua Pria Ini Ditangkap Polsek Cisauk.

Puhak GOW berharap kegiatan pelatihan kewirausahaan ini benar-benar bisa mencetak wirausaha muda, sehingga bisa membantu pemerintah dalam mengurangi masalah pengangguran dan tersedianya lapangan pekerjaan.(sus)