oleh

Pemuda di Tangsel Intens Bersihkan Situ Tujuh Muara

image_pdfimage_print

Kabar6-Sebuah gerakan peduli lingkungan di kawasan Situ Tujuh Muara, Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), belakangan mulai intens dilakukan kaum muda setempat, Senin (23/10/2017).

Ya, kegiatan positif oleh para muda-mudi, khususnya yang berada pada naungan Bina Remaja di RW 04 wilayah setempat ini, kiranya patut dijempoli dan dapat menjadi contoh bagi pihak lainnya, agar senantiasa saling menjaga kelestarian alam di sekitar.

“Kegiatan ini kami laksanakan pada Sabtu dan Minggu. Yaitu bersih-bersih, dengan melakukan pembersihan keramba yang sudah banyak mengotori situ. Lalu ada tebar bibit ikan serta tanam pohon. Dalam penanaman pohonnya kami libatkan siswa SD dan anak-anak TK yang ada di lingkungan sini,” ungkap Opi Andaresta, kemarin.

Pria yang akrab disapa Opay ini juga menjelaskan perihal tujuan dari gelaran kegiatan itu. Selain guna merangsang kesadaran masyarakat setempat, rupanya juga terdapat harapan besar yang memotivasi masyarakat.

“Kita ingin menghilangkan kesan seram di kawasan Situ Tujuh Muara ini. Memang sudah lama situ ini terkenal angker oleh orang-orang. Semoga dengan rutinitas kegiatan seperti ini, Setu ini ke depan menjadi lebih ramai dan diminati orang sebagai objek wisata atau jadi destinasi alam yang menarik di wilayah ini,” tegasnya.

Pemuda peduli lingkungan. (ges)

Pegiat lingkungan lainnya bernama Dwi Arianus Sutejo mengatakan mimpi besarnya menciptakan peluang usaha bersama di situ dapat terwujud. Untuk itu, kata dia, saat ini mereka harus memulai langkah kebaikan, seperti menggali segala potensi yang ada di situ yang juga dikenal dengan nama Situ Ciledug ini.

“Kita ingin situ ini bisa lebih hidup dan memberikan penghidupan bagi warga sekitar. Sumber daya yang ada pada Setu ini harus kita gali dan kembangkan, namun tetap dijaga kelestariannya. Ke depan kita juga berharap teman-teman muda di sini bisa melakukan pengelolaan sampah di dekat lokasi ini,” harapnya.

Bang Tejo (sapaan akrabnya) pun mengaku optimis, kalau semua cita dan harapan itu dapat terealisasi bila semua pihak termasuk pemerintah daerah setempat dapat mendukung penuh segala kegiatan positif kaum muda di kawasan ini.

“Alhamdulillah, kemarin belum lama bu Airin (Walikota Tangsel), sudah datang dan tinjau lokasi di sini. Kami yakin semangat positif kawan-kawan di sini tentu mendapat respon baik oleh pemerintah,” pungkasnya.

Pantauan di lokasi, puluhan muda dan mudi di wilayah setempat nampak kompak turun bersama dalam kegiatan tersebut. Bahkan, para tokoh di lingkungan pun terlihat ikut bergabung, seperti sinyal dukungannya terhadap kegiatan itu.

Sedikit demi sedikit mereka menyisiri area situ dan mulai melakukan pembersihan sampah. Termasuk di area perairan pada situ itu sendiri, dengan menggunakan perahu karet.(ges)

Print Friendly, PDF & Email