oleh

700 TPS di Kabupaten Serang Rawan Politik Uang

Dua pasangan Calon di Pilgub Banten.(ist)

Kabar6-Sekira 700 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Serang diprediksi rawan politik uang.

Indikasi itu terungkap setelah Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Serang melakukan pemetaan Pilkada Banten 2017.

“Kami sudah melakukan pemetaan. Dari 2.181 TPS, hampir semua kecamatan ada TPS yang rawan terjadi praktek politik uang,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Serang Abdurrahman, Jumat (3/2/2017).

Diakui Abdurrahman, pemicu masih tingginya praktek politik uang ini disebabkan karena sumber ekonomi warga yang lemah sehingga potensinya masih sering untuk terjadi.

“Tingkat kerawanan politik uang di Kabupaten Serang masih berpotensi untuk terjadi karena dari penilaian kerawanannya masuk kategori dengan skor paling tinggi,” ungkapnya.

Selain politik uang, kecurangan lain kata Abdurrohman juga bisa terjadi pada data pemilih, mobilisasi Aparatur Sipil Negara (ASN) bahkan ketidakpatuhan penyelenggaran pemilu terhadap aturan.

Namun yang jelas, pemetaan tingkat kerawanan ini akan dijadikan sumber referensi Panwaslu dalam melakukan pengawasan di setiap TPS.**Baca juga: Amankan Pilgub, Polda Banten Siagakan 5.000 Personel.

“Untuk itu kita akan terjunkan langsung 2181 petugas PPL. Mereka tersebar di seluruh kecamatan. Tapi kita juga tidak berharap ada pelangaran saat pencoblosan nanti,” tegasnya.(Rif)

Berita Terbaru