oleh

7 Makanan Ini Justru Bikin Anda Tambah Lapar

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Usai makan biasanya Anda akan merasa kenyang. Namun hal sebaliknya akan Anda rasakan jika mengonsumsi beberapa jenis makanan, yang justru akan membuat perut tambah lapar.

Makanan apa saja yang dimaksud? Dikutip dari health.com, berikut ketujuh makanan yang dimaksud:

1. Roti tawar putih
Tepung terigu putih yang digunakan untuk membuat roti tawar mengandung sedikit serat, sehingga akan meningkatkan kadar gula darah tubuh dalam waktu singkat.

Mereka yang mengonsumsi lebih dari dua porsi roti tawar dalam sehari ternyata memiliki persentase 40 persen lebih besar untuk menjadi obesitas dalam waktu lima tahun.

2. Camilan asin
Keripik, kue, dan camilan lain yang memiliki rasa asin lebih cepat dicerna ketimbang karbohidrat. Indera perasa dan otak juga selalu mengaitkan energi dengan rasa manis. Karena itulah sebagian besar orang ingin mengonsumsi camilan manis setelah menyantap makanan yang asin.

3. Makanan cepat saji
Fast food mengandung lemak trans-fatinflames yang melemahkan hormon pengendali nafsu makan. Hidangan penutup yang sangat manis juga menyebabkan nafsu makan meningkat.

4. Pizza
Pizza mengandung minyak jenuh, keju olahan, tepung putih, dan sejumlah bahan pengawet. Setelah mengonsumsi pizza biasanya dalam waktu satu jam Anda akan merasa lapar lagi karena bahan-bahan tersebut memicu keinginan makan pada otak.

5. Serealia
Sereal mengandung tepung putih dan gula. Mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat di pagi hari sangat berisiko mengganggu proses metabolisme tubuh.

Pada pagi hari tubuh sebenarnya belum siap mencerna glukosa. Alhasil banyak jaringan tubuh yang tidak mendapatkan pasokan energi, sehingga badan pun terasa lelah dan lapar. Sebaiknya, pilih makanan yang tinggi serat pada pagi hari sehingga tubuh mendapatkan cukup energi.

6. Sushi
Kebanyakan sushi mengandung karbohidrat berlebih karena menggunakan nasi putih. Seperti tepung putih, nasi putih dan pasta putih akan membuat Anda cepat lapar juga karena mengandung karbohidrat sederhana yang cepat dicerna tubuh.

7. Makanan dengan MSG
Penguat rasa ini bisa ditemukan dalam sayuran, sup, daging olahan, bahkan bir dan es krim, memiliki kandungan kimia yang membuat kita makin lapar.

Sebuah penelitian di Spanyol menunjukkan bahwa MSG meningkatkan nafsu makan seseorang hingga 40 persen. Orang yang sering mengonsumsi MSG berisiko tiga kali lebih besar untuk mengalami kelebihan berat badan. Efek ini pun bersifat akumulatif. Semakin banyak MSG yang dikonsumsi, Anda menjadi makin lapar. ** Baca juga: Cermati Bungkus Makanan dari Plastik & Kertas yang Berbahaya

Sebisa mungkin hindari ketujuh jenis makanan di atas, atau kurangi jumlahnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru