oleh

7 Jenis Makanan yang Bisa Picu Sakit Kepala

Kabar6-Sakit kepala sering dikaitkan dengan kondisi psikologi seseorang. Ya, berbagai aktivitas termasuk beban pekerjaan di rumah maupun kantor seringkali membuat seseorang terserang sakit kepala.

Namun bagaimana jika sakit kepala timbul, padahal Anda tidak sedang dalam masalah? Bisa jadi hal itu dipicu oleh makanan yang Anda konsumsi. Melansir womantalk, ini dia tujuh jenis makanan yang bisa picu sakit kepala:

1. Pisang & alpukat
Menurut Jennifer Kriegler, MD, pakar di Pusat Penyembuhan Saraf Cleveland Clinic, beberapa makanan tertentu yang mengandung kadar tyramine tinggi bisa menyebabkan migrain. Siapa sangka, pisang dan alpukat termasuk dalam golongan makanan tersebut. Meskipun memiliki sejumlah manfaat kesehatan, pisang dan alpukat yang sudah lebih ‘matang’ juga mengandung tyramine tinggi.

2. Es krim & makanan beku
Ice cream headache adakah istilah populer dari sakit kepala, terjadi karena es yang masuk ke tenggorokan menyebabkan pembuluh darah melakukan refleks menyempit. Makanya kita mendadak sakit kepala, lalu hilang tidak lama setelahnya.

3. Makanan di pesta koktail
Kadar tyramine dalam makanan dan minuman juga bisa meningkat jika melalui proses fermentasi atau disimpan dalam waktu lama. Karena itu makanan pembuka atau bahkan camilan dalam pesta koktail seperti keju, kacang-kacangan, zaitun, juga acar, sebenarnya tinggi tyramine.

4. Makanan ber-MSG tinggi
Monosodium glutamate (MSG) pada berbagai makanan juga bisa menjadi penyebab sakit kepala. Karena efeknya pada pembuluh darah di kepala, MSG juga bisa menyebabkan migrain pada sebagian orang.

5. Cokelat
Penyebabnya karena beberapa kandungan di dalamnya, yaitu kafein, tyramine, dan phenylethylamine. Sementara bagi sebagian orang, makanan ini tak berdampak apa-apa. ** Baca juga: Masalah Kesehatan yang Sering Intai Wanita Karier

Jadi perhatikan kembali makanan yang Anda konsumsi agar tidak ikut memicu sakit kepala.(ilj/bbs)

Berita Terbaru