oleh

6 Warga Baduy Meninggal, Dinkes Lakukan Investigasi

Kabar6-Enam warga Suku Baduy di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, dilaporkan meninggal dunia dalam sebulan terakhir.

Beberapa gejala yang dialami oleh enam warga tersebut sebelum meninggal mulai dari panas, batuk, timbul bintik-bintik merah di badan dan lain-lain.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak, Triatno Supiyono mengatakan, pihaknya melakukan investigasi terkait kasus meninggalnya 6 warga Baduy tersebut.

“Sudah dilakukan kunjungan untuk mendapat informasi dari pihak keluarga mengenai apa saja keluhan yang dialami 6 orang tersebut. Hasilnya semua mengalami keluhan panas, batuk, pilek, mual. Ada timbul bintik-bintik merah di badan, tapi ini di beberapa orang tidak semua,” kata Triatno, di Rangkasbitung,
Rabu (14/9/2022).

**Baca Juga: Calo Tenaga Kerja Ditangkap Polsek Cikande

Sejauh ini, kata Triatno, belum diketahui apa penyakit penyebab meninggalnya 6 orang yang 3 di antaranya masih bayi dan balita. Namun Triatno bisa yakin bahwa bukan akibat DBD (Demam Berdarah Dengue).

“Bukan ya, dan memang belum pernah ditemukan kasus DBD di sana. Pertama karena memang kondisi permukiman berada di dataran tinggi yang jarang ditemukan kasusnya, lalu mobilitas orang di sana tidak tinggi seperti di perkotaan,” papar Triatno.

Tim kesehatan juga telah melakukan pemeriksaan terhadap 6 orang warga Baduy lainnya yang mengalami keluhan yang hampir sama dengan 6 orang yang meninggal.

“Usianya masih muda dan anak kecil. Keluhannya sama, ada panas, batuk, timbul bintik-bintik merah, mencret dan lain-lain. Ada beberapa yang dilakukan pengambilan sampel darah untuk diperiksa di laboratorium,” terang Triatno.(Nda)