oleh

6 Manfaat Menangis yang Menakjubkan

Kabar6-Mengeluarkan airmata atau menangis bisa juga diakibatkan oleh infeksi mata, ataupun penyakit lain yang dapat menyerang mata. Namun airmata yang dikeluarkan akibat emosi ternyata memiliki komposisi kimiawi yang berbeda dengan airmata akibat infeksi mata dan penyakit mata lainnya.

Tidak sekadar mengeluarkan airmata, menangis ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah enam manfaat menangis yang dimaksud:

1. Hilangkan stres
Banyak penelitian menunjukkan, menangis dapat membawa kembali mental dan psikologis kita untuk dapat keluar dari tekanan dan kembali normal. Dengan begitu, menangis dapat sedikit memberi bantuan untuk menghilangkan stres.

2. Hilangkan depresi
Banyak dokter berpendapat, menangis dapat memberikan pertolongan secara psikologis pada seseorang, dengan cara melepaskan semua emosi negatif yang terpendam.

3. Detoksifikasi tubuh
Penelitian menemukan, airmata yang dikeluarkan akibat tanggapan emosional, mengandung racun tertentu. Dengan begitu, menangis merupakan salah satu hal yang dapat membantu membersihkan tubuh dari racun.

4. Basmi kuman secara alami
Sebuah penelitian menunjukkan, airmata yang keluar akibat tanggapan emosional, mengandung enzim yang disebut Losozyme, dan diperkirakan memiliki sifat antibakteri, sehingga terbukti, dapat menjadi bahan pembasmi kuman alami.

5. Obati mata yang kering
Mengeluarkan air mata atau menangis mencegah mata kering, kemerahan, serta iritasi.

6. Tingkatkan mood
Menangis dapat membuat Anda merasa lebih tenang dan lega, serta dapat meningkatkan mood hingga batas tertentu. Menangis diketahui dapat meningkatkan prioduksi Endorfin, atau hormon yang merangsang perasaan lebih baik dalam otak. ** Baca juga: Cara Mudah Jaga Kesehatan Otak

Apakah Anda termasuk orang yang gampang menangis? (ilj/bbs)

Berita Terbaru