oleh

6 Hal Sepele yang Bisa Turunkan Imun Tubuh

Kabar6-Banyak orang yang kemudian disadarkan akan pentingnya menjaga kesehatan agar tidak tertular COVID-19. Gaya hidup sehat seperti rajin mencuci tangan, selalu membawa hand sanitizer, memakai masker, dan menjaga jarak dengan orang yang sedang tidak sehat, kini menjadi bagian dari keseharian sebagian besar warga.

Padahal, untuk menjaga kesehatan tidak cukup hanya dengan melakukan hal-hal tersebut, tapi juga melakukan langkah-langkah lainnya, seperti mengurangi kebiasaan buruk yang ternyata dapat merusak imunitas tubuh.

Hal ini karena lemahnya sistem imun tubuh dapat menyebabkan seseorang rentan terserang penyakit, termasuk COVID-19 ini. Melansir idntimes, ini enam hal sepele yang ternyata dapat menurunkan sistem imun tubuh:

1. Konsumsi makanan yang kurang bernutrisi
Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Bonn dan dipublikasikan dalam jurnal Cell menemukan, makanan cepat saji menyebabkan peradangan pada tubuh. Kondisi ini juga menyebabkan perubahan gen dan memiliki dampak jangka panjang pada sistem kekebalan tubuh.

Lebih lanjut, pola diet yang tidak sehat ini mengarah pada timbulnya penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, obesitas, dan sejumlah penyakit lain.

2. Sering begadang atau kurang tidur
Kualitas tidur yang buruk berkaitan dengan fungsi sistem kekebalan tubuh yang lebih rendah dan berkurangnya jumlah sel-sel tubuh yang berperan melawan kuman.

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Chicago, pria yang tidur empat jam setiap malam selama satu minggu menghasilkan setengah jumlah antibodi pencegah flu dalam darah mereka dibandingkan dengan mereka yang tidur 7,5 hingga 8,5 jam setiap malam.

Jadi, biasakan untuk istirahat malam selama 7-9 jam setiap harinya agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

3. Gaya hidup yang tidak aktif
Tidak sedikit penelitian yang telah membuktikan dampak buruk dari terlalu lama duduk atau kurang bergerak. Gaya hidup yang kurang aktif meningkatkan risiko mengalami sakit punggung, penyakit jantung, mengganggu sistem kekebalan tubuh, dan memperpendek harapan hidup.

Selain itu, individu yang kurang bergerak, baik saat di lingkungan kerja maupun di dalam rumah lebih rentan terkena flu. Untuk itu, mulailah kebiasaan-kebiasaan kecil seperti melakukan peregangan atau jalan-jalan di dalam ruangan tiap satu jam agar tubuh tidak kaku.

4. Pesimistis
Sebuah studi klasik yang dilakukan di University of California terhadap mahasiswa hukum menemukan, mereka yang memulai semester pertama dengan optimis memiliki lebih banyak sel T penolong di pertengahan semester, yang dapat memperkuat respons kekebalan tubuh, dan sel pembunuh alami yang lebih kuat daripada mahasiswa yang memiliki perspektif yang lebih pesimistis.

Hal ini kemungkinan karena stres memiliki kaitan dengan kurangnya sistem kekebalan tubuh, seperti sel-sel pembunuh yang tiba-tiba menjadi pasifis

5. Sering merasa kesepian
Menurut studi lima tahun yang diterbitkan dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences, ketika orang merasa kesepian, akan terjadi peningkatan hormon norepinefrin yang meningkatkan produksi sel darah putih yang melawan luka.

Tetapi dalam prosesnya, hormon ini akan mematikan bagian yang berfungsi melawan virus dari sistem kekebalan tubuh, yang membuat seseorang rentan terhadap penyakit.

6. Langsung minum obat saat merasa tidak sehat
Antibiotik dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh serta bakteri baik dan buruk yang ada di tubuh. Menurut sebuah laporan dalam The American Journal of Human Genetics menunjukkan bahwa antibiotik dapat mengurangi sel darah putih penangkal penyakit tertentu dan molekul yang memberi sinyal protein peningkat kekebalan untuk bekerja.

Hal ini dapat membuat tubuh lebih cepat sembuh setelah Anda minum obat, tetapi setelahnya sistem kekebalan tubuh akan semakin rentan. Untuk itu, pastikan Anda hanya mengonsumsi antibiotik dengan resep dokter. ** Baca juga: Ketahui 5 Hal Tentang Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Lakukan kebiasaan sehat agar imun tubuh tetap terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru