oleh

6 Fakta Unik Seputar Payudara

Kabar6-Payudara manusia berkembang pada masa pubertas dan kondisi tersebut tidak berubah sepanjang hidup. Mulai dari masa kehamilan, payudara mengalami perubahan yang cukup signifikan seiring dengan stimulasi dari hormon estrogen. Payudara akan tampak bertambah ukuran, serta warna areola di sekitar puting menjadi lebih gelap.

Tidak bisa dipungkiri, payudara merupakan salah satu daya tarik wanita. Organ tubuh itu turut berperan dalam aktivitas seksual, sekaligus berfungsi sebagai sarana memberikan air susu ibu (ASI) untuk bayi. Nah, tahukah Anda beberapa fakta unik tentang payudara? Dilansir Womenshealthmag, ini dia enam fakta unik yang dimaksud:

1. Sebagian wanita gunakan ukuran bra yang salah
Sekira 85 persen wanita menggunakan bra dengan ukuran yang salah. Untuk menentukan ukuran bra yang sesuai dengan payudara, ukurlah lingkar dada Anda dengan sebuah pita ukur.

2. Sebagian besar wanita tidak menyukai payudaranya
Berdasarkan sebuah penelitian, sekira 70 persen wanita tidak menyukai payudaranya.

3. Stimulasi payudara bisa bikin wanita bergairah
Berdasarkan sebuah penelitian pada 2006, sekira 82 persen wanita mengatakan bahwa stimulasi payudara dapat membuat mereka merasa bergairah, bahkan mencapai orgasme.

4. Payudara terasa nyeri saat berolahraga
Berdasarkan penelitian di Inggris, satu di antara tiga orang pelari maraton mengalami nyeri payudara saat berolahraga. Untuk mengurangi rasa nyeri ini, gunakanlah bra yang memang dirancang secara khusus untuk berolahraga (sport bra). Hal ini dikarenakan payudara Anda akan bergerak sangat banyak saat Anda berolahraga yang dapat memicu timbulnya rasa nyeri.

5. Saudara kembar miliki payudara yang berbeda
Jangankan saudara kembar, ukuran payudara Anda pun tidak akan sama antara payudara kanan dan kiri. Salah satunya biasanya berukuran sedikit lebih besar dibandingkan dengan yang lainnya.

6. Banyak wanita ini miliki payudara besar
Berdasarkan sebuah data pada 2012 lalu, tindakan operasi plastik untuk membesarkan payudara merupakan salah satu tindakan bedah kosmetik yang paling banyak dilakukan. Di Amerika, sekira 286 ribu wanita melakukan tindakan pembedahan untuk memperbesar uuran payudara. ** Baca juga: Ada 4 Anggapan yang Tidak Tepat Tentang Olahraga

Wow…(ilj/bbs)

Berita Terbaru