oleh

6 Cara Penularan COVID-19 yang Sering Diabaikan

Kabar6-Sejak ditemukannya COVID-19 pada Desember 2019 lalu hingga saat ini, para tenaga ahli masih belum menemukan vaksin yang dapat mencegah virus ini.

Padahal menurut data yang tercatat, jumlah korban tewas akibat virus ini telah melampaui puluhan ribu orang di seluruh dunia. Lantas, bagaimana cara COVID-19 ini bisa menyebar? Melansir beberapa sumber, ada enam cara penularan yang sering diabaikan, yaitu:

1. Tidak menjaga kebersihan tangan
Tangan merupakan bagian tubuh yang merupakan tempat berkumpulnya beragam macam bakteri, kuman, dan virus. Karena tangan merupakan bagian tubuh yang paling banyak melakukan aktivitas, anggota tubuh yang satu ini menjadi sumber dari berbagai penyakit.

Begitu juga dengan COVID-19. Apabila tangan dalam kondisi kotor, jangan pernah menyentuh bagian wajah terutama hidung, mata dan mulut. Hal itu dapat menyebabkan COVID-19 masuk ke tubuh.

2. Tidak menjaga etika ketika bersin dan batuk
Salah satu cara yang paling mudah dalam penularan COVID-19 adalah melalui droplet, merupakan cairan yang dikeluarkan dari pasien COVID-19, kemudian mengenai orang lain.

Droplet ini dapat berpindah hingga hampir dua meter. Bisa juga droplet menempel ke beberapa benda di sekitar, lalu tersentuh oleh orang lain. Itulah sebabnya kita harus memperhatikan kebersihan tangan.

3. Kontak dengan benda yang sering tersentuh orang banyak
Menurut penelitian, COVID-19 dapat bertahan hidup hingga tiga hari dengan menempel pada permukaan benda. Jadi, benda yang sering disentuh oleh orang banyak, bisa saja sudah terkena droplet. Melalui perantara sentuhan tangan, COVID-19 akan mudah masuk ke orang lain.

4. Tidak menjaga kebersihan setelah berpergian
Ketika beraktivitas di luar ruangan, tentu saja Anda akan bertemu dengan banyak orang. Secara tidak sadar, virus dapat berpindah masuk ke tubuh. COVID-19 memiliki sifat tidak bisa hidup sendiri, ia membutuhkan inang.

Jadi ketika sampai di rumah sehabis bepergian, Anda harus segera cuci tangan, mandi dan pastikan pakaian yang tadi dipakai bepergian langsung dicuci.

5. Interaksi dengan banyak orang
Berkumpul atau beraktivitas di tengah kerumunan menjadi salah satu cara penularan COVID-19. Virus ini dapat menempel pada pakaian dan benda yang dibawa orang lain. Jadi, ada baiknya Anda melakukan self distancing atau beraktivitas di rumah saja.

6. Tidak mengoisolasi diri setelah bepergian
Selanjutnya adalah orang yang tidak melakukan pencegahan setelah kembali dari wilayah atau negara yang terjangkit pandemi COVID-19.

Pasalnya, tidak semua orang positif COVID-19 akan menunjukkan gejala. Bisa jadi orang tersebut justru berubah jadi carrier atau pembawa COVID-19. ** Baca juga: Sejumlah Mitos Dan Fakta COVID-19 yang Beredar di Media Sosial

Jaga kebersihan dan sebisa mungkin lakukan semua kegiatan di rumah saja untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.(ilj/bbs)

Berita Terbaru