oleh

6 Cara Lain Cegah Kenaikan Berat Badan

Kabar6-BERTAMBAHNYA usia mendatangkan sekumpulan masalah bagi perempuan. Salah satunya adalah masalah yang terkait dengan berat badan. Untuk mengatasi masalah berat badan seiring bertambahnya usia, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Makan dengan porsi sedikit, namun sering. Pola makan yang satu ini lebih baik dibanding dengan makan dengan porsi yang menumpuk meskipun jarang. Seiring bertambahnya usia, perempuan akan lebih mudah untuk menyimpan lemak, terlebih jika jarang berolahraga.

Dikatakan dalam Magforwomen, perempuan cenderung lebih memiliki tingkat metabolisme tubuh yang rendah. Jadi, penting untuk perempuan untuk tetap menjaga metabolisme dengan mengonsumsi makanan yang cukup, dalam porsi kecil meskipun sering.

2. Jauhi pemicu stres. Dengan bertambahnya usia dan tanggung jawab, stres cenderung menumpuk. Dengan pemicu stres, hormon stres datang sehingga menyebabkan malapetaka baik bagi suasana hati maupun kesehatan meski tidak langsung.

Selain itu, beberapa perempuan biasanya akan makan lebih banyak ketika sedang stres.

3. Dapatkan tidur yang cukup. Stres dan bertambahnya usia cenderung memperburuk masalah tidur. Jadi, sebaiknya jauhi gadget Anda di malam hari untuk mendapatkan tidur yang cukup.

Matikan lampu untuk membuat suasana menjadi lebih tenang. Kebiasaan begadang hanya akan membuat tubuh semakin tidak sehat, terlebih akan menyebabkan nafsu makan Anda akan berlibat di malam hari.

4. Cek hormon tiroid secara berkala. Hormon tiroid merupakan pengendali utama metabolisme dan pertumbuhan. Hipotiroidisme merupakan gejala yang diakibatkan oleh kurangnya hormon jenis ini, dan pada akhirnya akan menyebabkan perempuan memiliki risiko kenaikan berat badan yang lebih banyak.

5. Cek hormon estrogen. Salah satu hormon pengendali perempuan yang satu ini juga memiliki peranan yang penting. Kurangnya hormon estrogen juga akan berpengaruh pada metabolisme perempuan.

6. Jauhi depresi. Banyaknya beban dan pikiran, membuat perempuan merasa lebih lelah dan tertekan, terlebih saat usia mereka bertambah. Ketakutan akan keriput dan penuaan lainnya menjadikan perempuan menjadi lebih stres bahkan depresi. Untuk itu, jauhi stres dan depresi untuk membuat hidup Anda lebih bahagia. (Sumber:MI/sak)

 

Berita Terbaru