oleh

52 Durian Lokal di Pandeglang di Konteskan

Kabar6-Sebanyak 52 varietas durian lokal yang diikuti oleh 42 peserta dikonteskan dalam kegiatan Festival Holtikultura di Alun-alun Pandeglang, Sabtu (2/2/2019).

Nantinya durian yang meraih juara, bakal disertifikasi dari Kementerian Pertanian (Kementan).

“Yang mendapatkan juara 1 sampai 3 nanti kita sertifikasi,” ungkap Kepala Dinas Pertanian (Distan) Budi S Januardi.

Sejauh ini, pihaknya mengklaim telah melakukan pembinaan kepada warga yang tergabung dalam Kelopak Tani (Poktan).

Menurut Budi, Pandeglang memiliki jumlah varietas durian lokal yang cukup banyak. Hal itu dapat dibuktikan dari banyak peserta yang mengikuti kontes.

Namun saat ditanya, soal gaung durian Pandeglang diluar daerah, Budi tak menjelaskan eksistensi durian Pandeglang diluar daerah, namun menurutnya, durian yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Pertanian (Kementan) menjadi durian unggulan nasional.

“Tinggal perbanyak saja,” ungkapnya.

Sejauh ini, baru 2 varietas yang sudah disertifikasi diantaranya Durian Siradio dan Sisepah, sementara 7 varietas durian baru yang diusulkan untuk mendapatkan sertifikasi yang disampaikan Bupati Pandeglang Irna Narulita kepada Dirjen Holtikultura Kementan Kuswandi.

Budi mengatakan, durian yang telah mendapatkan sertifikasi terus dilakukan perbanyak sebanyak 15.000 Batang.

Dalam kesempatan tersebut Kementerian Pertanian memberikan paket bantuan senilai Rp.120.000.000,- dan paket peralatan rumah tangga pada Hunian Sementara korban bencana tsunami selat sunda.

Selain itu, sekitar 300 undangan hadir pada Festival ini dengan jumlah peserta Kontes Durian sebanyak lebih dari 50 peserta, Buka Lapak Kadu sebanyak 13 peserta, Lomba Olahan berbahan Produk Hortikultura 16 Kelompok dari berbagai unsur dan Pasar Tani diikuti oleh 10 peserta.

Sementara itu, Bupati Irna Narulita menyampaikan bahwa meskipun dalam keadaaan berduka tetapi kita harus bangkit dalam waktu dekat.**Baca juga: DPU Tangsel Sebut Utilitas Pasar Maharta Picu Banjir.

“Seperti hari ini, Bapak dirjen agar berkenan untuk melaunching Tujuh Varietas Durian kami, setelah sebelumnya jenis Durian Siradio dan Sisepah sudah di akui ditingkat Nasional, kami berharap kepada Kementerian Pertanian untuk terus membimbing kami dan bantuan teknologi baru untuk pertanian kami, selain itu kami berharap didukung produk lokal kami untuk dapat di sejajarkan menjadi produk nasional yang di ekspor ke luar negeri,”pungkasnya.(Aep)

Berita Terbaru