oleh

50.462 Rumah di Kabupaten Pandeglang Minus Listrik

Kabar6-Sebanyak 50.462 rumah di Kabupaten Pandeglang, Banten, hingga kini masih gelap gulita karena belum teraliri listrik.

 

Puluhan ribu warga minus listrik itu tersebar di sejumlah kecamatan, di antaranya Kecamatan Sukaresmi, Cibaliung, Labuan dan Cimanggu.

 

Kepala Bidang Energi Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Pandeglang, Muk Suherman, memprediksi jumlah rumah yang belum dialiri listrik bahkan lebih banyak.

 

Itu mengingat masih banyak daerah yang belum terdata akibat sulitnya menjangkau daerah-daerah pelosok.

 

“Setiap tahun kan ada penambahan rumah baru, karena pasangan yang menikah akan membangun rumah. Dan, itu sampai saat ini belum terdata,” ujarnya.

 

Muk mengatakan, setiap tahunnya kebutuhan listrik masyarakat Pandeglang selalu meningkat sekitar tiga hingga lima persen.

 

Untuk menerangi seluruh wilayah di Pandeglang, Muk mengaku jika Pemkab terus berupaya untuk memberi bantuan melalui program Listrik Desa (Prolisdes).

 

Tercatat pada tahun 2015, ribuan rumah telah mandapat bantuan listrik dari Pemerintah, termasuk sebanyak 6.000 rumah dari bantuan Pemprov Banten. ** Baca juga: Disbudcapil Pandeglang Terapkan Jemput Bola Akte Kelahiran

 

“Tahun 2015 ini, Pemkab memberi bantuan terhadap 2.900 rumah tangga. Sedangkan bantuan dari Pemprov sebanyak 6.000 rumah tangga dan Kementerian 3.000 rumah tangga,” katanya.(mg/tom migran)

Berita Terbaru