oleh

500 Penganaggur di Kota Tangerang Dilatih Keahlian

Kabar6-Sebanyak 500 warga pada tahun 2012 ini bakal diberi pelatihan untuk berbagai jenis keahlian oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Tangerang.

Rencananya, 500 warga tersebutr akan dilatih dalam 25 angkatan dan akan disalurkan ke perusahaan yang sudah bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dan BLK.

Kepala BLK Kota Tangerang Deden Sujana mengatakan, pihaknya telah menganggarkan sebanyak 25 program pelatihan yang akan diberikan kepada 500 orang tahun 2012 ini.

Adapun jenis pelatihan yang diberikan berupa, pelatihan montir motor, pelatihan montir mobil, pelatihan menjahit, dan pelatihan las.

“Total semua ada 25 angkatan untuk 4 jenis pelatihan tersebut. Dengan rincian, 3 angkatan pelatihan montir mobil, 8 angkatan pelatihan montir motor, 8 angkatan pelatihan menjahit, dan 6 angkatan pelatihan las,” ujar Deden, Senin (27/8/2012).

Sejak program pelatihan ini dijalankan, lebih lanjut Deden menjelaskan, sejauh ini telah dilakasanakan 13 kali angkatan pelatihan berbagai jenis pelatihan.

“Untuk Septembe ini, rencananya kami akan lakasanakan 2 angkatan pelatihan menjahit, dan 2 angkatan pelatihan motor di Kelurahan Alamjaya dan Kelurahan Jatake,” jelasnya.

Selan itu, di bulan yang sama, pihaknya juga akan melakukan pelatihan 2 angkatan las dan 2 angkatan montir motor di Kecamatan Batuceper. “Selanjutnya, kami juga masih akan melakukan pelatihan untuk dua angkatan di BLK Neglasari untuk menjahit dan montir motor,” bebernya lagi.

Masih kata Deden, dari pelatihan yang sudah dilaksanakan, sedikitnya 90 persen diantaranya sudah berhasil diserap sejumlah perusahaan yang telah menjalin kerjsama dengan Disnaker dan BLK Kota Tangerang.

“Tenaga yang kami latih ini banyak diminta perusahaan onderdil motor di Kota Tangerang, sedangkan untuk mereka yang dilatih las, dibutuhkan beberapa perusahaan di kawasan bandara,” ucapnya.

Disinggung soal penyerapan tenaga terlatih lainnya, Deden mengatakan, untuk tenaga latih jenis menjahit banyak disalurkan ke PT Pan Brothers di Pasar Kemis, dan PT Manggala di Batuceper.

“Untuk siswa pelatihan montir mobil banyak diambil bengkel-bengkel resmi Toyota dan Honda. Dan kami harapkan pelatihan yang telah diberikan memang untuk meminimalisir penggauran di Kota Tangerang ini,” pungkasnya.(iqmar)

Berita Terbaru