oleh

50 Relawan PMI Kota Tangerang Dilatih Tanggap Darurat

Kabar6-Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang mengikuti pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana (MTDB) di Gudang Regional Banten selama empat hari (26-29/7/2022) yang diselenggarakan oleh PMI Provinsi Banten.

Pelatihan MTDB merupakan proses peningkatan kapasitas relawan dan organisasi PMI yang bertugas di lapangan dalam kesiapsiagaan bencana dan pra-bencana di kabupaten/ kota masing-masing.

“Kerawanan bencana di beberapa wilayah di Kota Tangerang merupakan tantangan bagi PMI. PMI dituntut untuk dapat menjadi organisasi yang kreatif, tanggap, siap siaga dan antisipatif terhadap kemungkinan kebutuhan masyarakat di masa yang akan datang, terutama masayarakat yang rentan terhadap risiko bencana,” kata Ketua Markas PMI Kota Tangerang, Oman Jumansyah dalam sambutan apel pelepasan peserta.

**Baca juga:Polisi Duga 8 Orang Pelaku Penyerangan ke Karyawan di Batuceper

“PMI Kota Tangerang memerlukan pelatihan MTDB untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan tanggap darurat bencana wilayah Kota Tangerang serta mampu mengindentifikasi kendala dan solusi strategis dalam setiap penanganan operasi bencana di Kota Tangerang,” tambahnya.

Melalui pelatihan ini, Oman menargetkan tercapainya peningkatan kapasitas Markas melalui upgrade kecakapan SDM PMI Kota Tangerang dalam menghadapi segala kendala yang muncul di lapangan.

Sebanyak 50 orang relawan maupun staff PMI Kota Tangerang diikutsertakan dalam pelatihan MDTB tersebut, dan materi yang akan di berikan berupa simulasi tanggap darurat bencana, materi pelatihan disesuaikan dengan kurikulum standar PMI serta sesuai dengan prinsip-prinsip Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. (Oke)