oleh

5 Tanda Tubuh yang Tunjukkan Anda Berlebihan Konsumsi Daging

Kabar6-Untuk memenuhi kebutuhan harian akan protein, zat besi, dan beragam nutrisi lain, daging merah dapat menjadi solusinya. Meskipun demikian, daging juga mengandung sejumlah racun kimia alami, lemak jenuh, dan unsur-unsur kurang baik lainnya jika dicerna.

Karena itulah, berlebihan mengonsumsi daging bisa menyebabkan konsekuensi serius, dari peningkatan risiko diabetes terhadap penyakit jantung hingga kanker. Melansir himedik, ada lima tanda yang menunjukkan Anda sudah berlebihan mengonsumsi daging, sehingga tubuh tidak bisa mencernanya dengan baik.

1. Sembelit
Setiap orang memiliki sistem pencernaan yang berbeda akibat faktor genetik maupun kebiasaan diet. Sementara itu, lemak membutuhkan lebih banyak waktu untuk dicerna tubuh.

Konsumsi daging bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada esok hari, salah satunya sembelit. Sembelit dapat disebabkan oleh zat besi tinggi yang biasanya ditemukan pada daging merah, seperti sapi, domba, kambing dan babi.

Cobalah makan daging merah hanya dalam jumlah yang konservatif, 100-200 gram, hanya dua kali seminggu, dengan banyak sayuran atau biji-bijian.

2. Mudah lapar
Jika Anda selalu merasa lapar sepanjang waktu meski baru saja selesai makan, bisa jadi itu tanda tubuh sudah terlalu banyak protein.

Ketika Anda tidak memiliki karbohidrat yang cukup, gula darah tubuh akan turun dan tidak menghasilkan serotonin yang mengatur suasana hati, bahan kimia yang membuat Anda merasa lapar. Cobalah untuk tidak mengonsumsi daging selama beberapa hari, lalu cek kondisi tubuh lebih baik atau tidak.

3. Lingkaran hitam di bawah mata
Selain kurang tidur atau kelelahan, kondisi ini bisa terjadi akibat tubuh tidak mencerna daging dengan benar. Lapisan usus yang terganggu memungkinkan partikel daging melewati dinding usus dan langsung ke dalam aliran darah yang tidak tercerna.

Pada akhirnya, tubuh akan mencoba memproduksi antibodi tertentu untuk menghilangkan zat asing, dan reaksinya bisa berupa lingkaran hitam di bawah mata.

4. Tekanan darah tinggi
Jika Anda mengalami tekanan darah tinggi, itu bisa pertanda sudah waktunya mengurangi asupan daging. Daging olahan yang dimasak biasanya mengandung kadar natrium tinggi.

5. Bau mulut dan bau badan
Bau mulut dan bau badan bisa menjadi tanda tubuh tidak mencerna daging dengan benar. Jika daging tak dicerna baik, bau tidak sedap akan keluar dari sistem pencernaan yang akhirnya masuk ke kulit dan napas. ** Baca juga: Bantu Tingkatkan Konsentrasi dengan 7 Jenis Makanan dan Minuman Ini

Jika Anda terus mengalami masalah yang tidak menyenangkan ini, cobalah mengonsumsi enzim pencernaan, bisa berbentuk obat atau makanan alami seperti pisang dan nanas, untuk membantu memecah daging sehingga tidak menumpuk dalam usus.(ilj/bbs)

Berita Terbaru