oleh

5 Tanda Perubahan Fisik untuk Kenali Gejala Stres pada Diri Anda

Kabar6-Stres adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Stres juga dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau bersemangat.

Situasi tersebut akan memicu respon tubuh, baik secara fisik ataupun mental. Respon tubuh terhadap stres dapat berupa napas dan detak jantung menjadi cepat, otot menjadi kaku, dan tekanan darah meningkat.

Bagaimana mengetahui Anda atau orang terdekat tengah mengalami stres? Melansir beautynesia, berikut lima tanda perubahan fisik yang terjadi akibat stres:

1. Merasa selalu sulit tidur
Salah satu pertanda seseorang mengalami stres adalah merasa sulit tidur. Hal ini karena seseorang mengalami gejolak perasaan yang tidak tenang hingga berpengaruh pada pikirannya.

Ketika mencoba untuk tidur, seseorang justru akan merasakan ketidaknyamanan, bahkan tidur pun merasa tak nyenyak. Tidak hanya itu, rasa kantuk kerap tak kunjung datang.

2. Muncul keringat berlebih
Bukan karena cuaca panas atau olahraga yang dilakukan, keringat tersebut muncul ketika seseorang merasa pusing. Gejala ini juga dihadapi dengan perasaan bersalah maupun mengeluarkan emosi yang terpendam.

3. Rambut rontok
Bukan karena pemilihan produk shampo maupun hair treatment yang kurang tepat. Jika rambut Anda rontok terlalu sering, bahkan dalam jumlah yang banyak, maka hal tersebut merupakan salah satu tanda jika Anda mengalami stres. ** Baca juga: 4 Hal yang Jangan Dilakukan Saat Diet Agar Tubuh Tidak ‘Rusak’

4. Perut merasa mual dan dada terasa nyeri
Tanda fisik lainnya yang menunjukan bahwa seseorang mengalami stres adalah permukaan perut merasa mual serta dada merasa nyeri seperti tersesak. Tanda stres ini dapat mengakibatkan sesorang merasa mual, maag, bahkan asam lambung meningkat.

5. Kepala terasa sangat pusing
Tanda lain yang paling banyak dialami seseorang ketika mengalami stres adalah sakit kepala dan merasa sangat pusing. Jika Anda meredakan rasa sakit kepala dengan minum obat, tetapi hasilnya tetap saja tak membaik, maka segeralah berkonsultasi ke pihak medis terkait untuk menindak lanjuti gejala yang dirasakan.

Peka terhadap perubahan yang dialami atau dirasakan tubuh membuat Anda dapat segera mencari solusi terbaik untuk meminimalisir stres.(ilj/bbs)

Berita Terbaru