oleh

5 Staf Ahli Dilantik, Jaksa Agung : Saya Harap Gali Isu Strategis yang Berkembang di Masyarakat

Kabar6- Jaksa Agung ST Burhanuddin melantik 5 staf ahli untuk membantu meringankan tugasnya dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat.

Kelima staf ahli yang dilantik, diantaranya Bidang Akuntabilitas dan Informasi Publik Kejaksaan Agung Elly Shahputra, Staf Ahli Bidang Politik, Keamanan, dan Penegakan Hukum Kejaksaan Agung Wisnu Baroto, Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi Kejaksaan Agung Ade Eddy Adyaksa, Staf Ahli Bidang Pertimbangan dan Pengembangan Hukum Kejaksaan Agung Asri Agung Putra dan Staf Ahli Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya Kejaksaan Agung Firdaus Dewilmar.

Dalam sambutannya Jaksa Agung menyampaikan bahwa staf ahli yang dilantik diharapkan dapat menggali isu- isu strategis yang berkembang dalam masyarakat.

Isu strategis untuk 2023- 2024 mendatang adalah terkait dengan adanya proses pemilihan umum serentak baik itu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden maupun pemilihan anggota legislatif di pusat dan daerah.

“Kemudian isu strategis yang perlu digali di masyarakat adalah pemantauan terkait dengan krisis global seperti krisis energi, krisis ekonomi, dan krisis keuangan. Ketiga, isu terkait dengan pemanasan global, dan selanjutnya adalah isu transformasi digital,” ungkap Burhanuddin di Menara Kartika, Kamis (24/11/2022).

Ditegaskannya, untuk menghadirkan institusi Kejaksaan yang lebih optimal dan dinamis, Jaksa Agung maupun Wakil Jaksa Agung membutuhkan dukungan penuh Staf Ahli Jaksa Agung, karena mempunyai peran yang sentral dan sangat penting, yaitu terkait sumbangsih ide dan gagasan serta inovasi.

Oleh karenanya Jaksa Agung menyampaikan sejumlah arahan sebagai penekanan tugas yang diharapkan bisa dilaksanakan secara konsisten, diantaranya berinisiatif melakukan kajian dan telaahan mengenai problematika yang aktual dan strategis dengan menggunakan struktur berpikir yang tepat sesuai bidang saudara secara rutin kepada pimpinan, senantiasa memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi institusi Kejaksaan.

“Juga aktif berkontribusi menyumbangkan ide dan masukan yang bisa dipertanggungjawabkan secara akademik, dalam rangka perkuatan fungsi Kejaksaan dalam RKUHP dan RKUHAP. Aktif memberikan masukan dan koreksi terkait dengan aturan pelaksana terkait dengan UU Kejaksaan yang baru sehingga aturan yang disusun menjadi lebih komprehensif,” katanya.

**Baca juga: Anis Matta: Semangat Voluntarisme Muhammadiyah Bisa Jadi Model Sosial dalam Mengintegrasikan Sistem Keagamaan ke Sistem Kenegaraan

Jaksa Agung yakin dengan kompetensi dan berbagai pengalaman yang saudara-saudara miliki, akan mampu mendukung, menguatkan, dan melengkapi dalam upaya membangun Kejaksaan sebagai lembaga penegakan hukum yang dapat memberikan pelayanan secara profesional, bersih, transparan, akuntabel, berwibawa dan berintegritas.

“Saya berharap para Staf Ahli yang baru dilantik mampu menindaklanjuti perintah tersebut dengan cepat, sehingga dapat menghadirkan Kejaksaan sebagai lembaga semakin dipercaya oleh masyarakat. Saya ingatkan sumpah serta janji jabatan yang saudara ucapkan tadi, haruslah dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, konsisten dan penuh rasa syukur. Saya yakin dan percaya bahwa Saudara mampu melaksanakan tugas dan amanah ini dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Jaksa Agung.(Tim K6/Rls)