oleh

5 Pola Diet Salah dan Tidak Pengaruhi Penurunan Berat Badan

Kabar6-Diet sering diartikan sebagai cara menurunkan berat badan, dan sebagian besar orang menginginkan hasil yang instan.

Padahal pengertian diet sebenarnya adalah pola makan dengan cara dan sumber makanan yang telah diatur. Kegunaan diet sendiri untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga memiliki berat badan yang terkontrol.

Ada banyak cara diet sehat yang dapat dilakukan, namun seringkali orang salah menggunakan aturan diet itu sendiri. Melansir beberapa sumber, berikut lima pola diet yang salah, sehingga tidak berpengaruh pada kesehatan maupun menurunkan berat badan:

1. Kurangi asupan kalori terlalu banyak
Diet sering membuat seseorang memangkas porsi makannya secara sembarangan. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kalori yang masuk ke tubuh. Padahal setiap manusia memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda sesuai dengan usia, berat badan, tinggi badan dan aktivitas harian.

Memangkas kalori terlalu banyak dan membiarkan tubuh mengonsumsi sedikit makanan merupakan kesalahan besar karena hal ini akan membuat tubuh kelaparan dan berpengaruh buruk pada gizi harian.

2. Hindari konsumsi karbohidrat
Konsumsi karbohidrat untuk pola diet yang baik sebenarnya cukup dikurangi bukan dihentikan. Makanan pengganti karboohidrat yang baik untuk tubuh bisa dengan roti gandum, oatmeal, dan beras merah yang bergizi dan tinggi serat. Cara diet seperti ini dinilai baik agar kebutuhan karbohidrat tetap tercukupi.

3. Diet tanpa berolahraga
Olahraga dapat dilakukan setidaknya tiga kali seminggu dengan waktu berkisar 30-60 menit. Dalam tiga bulan pertama, Anda bisa melakukan olahraga kardio untuk fokus membakar lemak.

Tujuannya tak lain untuk menambah massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga menurunkan berat badan dapat lebih optimal.

4. Menghindari terlalu banyak makanan
Ketika diet, seseorang cenderung menghindari banyak makanan karena takut gemuk. Makanan yang dihindari biasanya makanan manis dan maknan cepat saji. Namun, cara ini sebenarnya kurang baik karena secara tidak sadar tubuh akan membuat dorongan semakin kuat jika sengaja menghindari makanan-makanan tersebut.

Cara yang baik dan menyenangkan bisa dilakukan dengan mengontrol asupan makanan-makanan tersebut. Kombinasikan makanan dengan sayur dan buah, serta kurangi frekuensi memakannya agar tidak terlalu sering dengan porsi banyak.

5. Makan tidak tepat waktu
Sengaja menunda jam makan bukanlah hal baik untuk program diet. Memangkas jam makan justru akan membuat tubuh merasa sangat lapar dan mudah terserang penyakit karena pencernaan yang kosong.

Pada saat die,t biasanya seseorang melewatkan waktu sarapan dan jam makan malam, padahal kedua waktu ini sama-sama penting dan dapat berpengaruh pada efek diet yang dilakukan.

Bahkan saat berdiet sebenarnya disarankan untuk tetap memakan camilan dengan porsi yang tidak terlalu banyak di sela jam makan. Camilan yang bisa dipilih di antaranya buah, yoghurt, kacang-kacangan, atau beberapa keping biskuit rendah kalori. ** Baca juga: Cara Efektif Bersihkan Layar Ponsel Agar Terhindar dari Bakteri dan Virus

Jadi, untuk menghindari kesalahan pola diet, sebaiknya Anda melakukan konsultasi ke dokter agar asupan gizi dalam tubuh tetap terjaga.

Bila perlu lakukan diet dengan bimbingan instruktur olahraga yang berkompeten agar aman.(ilj/bbs)

Berita Terbaru