oleh

5 Pilihan Makanan yang Dapat Picu Jerawat Membandel

Kabar6-Kemunculan jerawat, terutama di sekitar wajah, tentu saja sangat meresahkan karena akan mengganggu penampilan. Ada banyak faktor yang telah berkontribusi pada timbulnya jerawat, termasuk produksi sebum, bakteri, hormon, atau peradangan.

Ternyata selain hal tadi, pemiihan makanan yang salah juga dapat memicu timbulnya jerawat. Melansir Dreamers, berikut lima jenis makanan yang dapat timbulkan jerawat membandel:

1. Cokelat
Sejak lama, cokelat telah dicurigai sebagai salah satu pemicu jerawat. Sebuah penelitian menemukan, konsumsi cokelat dapat meningkatkan reaktivitas sistem kekebalan terhadap bakteri penyebab jerawat.

2. Makanan kaya lemak Omega-6
Makanan yang mengandung asam lemak omega-6 dalam jumlah besar dapat meningkatkan tingkat peradangan di kulit dan jerawat. Ketidakseimbangan asam lemak omega-6 dan omega-3 ini membuat tubuh mengalami peradangan yang dapat memperburuk jerawat.

Beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega-6 dalam jumlah besar di antaranya kacang kenari, kuaci, minyak jagung, minyak kedelai, mayones, almond, dan tahu.

3. Karbohidrat olahan
Orang yang berjerawat cenderung mengonsumsi lebih banyak karbohidrat olahan daripada mereka yang tidak berjerawat. Makanan karbohidrat olahan meliputi sereal, pasta yang dibuat dengan tepung terigu, nasi putih, soda dan minuman manis, serta pemanis lainnya.

Sebuah studi menemukan, orang yang sering mengonsumsi gula tambahan berisiko 30 persen lebih besar terkena jerawat. Peningkatan risiko ini disebabkan oleh efek karbohidrat olahan pada gula darah dan kadar insulin.

4. Produk susu
Banyak penelitian menemukan hubungan antara produk susu dan tingkat keparahan jerawat. Namun hingga saat ini, penelitian masih fokus pada partisipan remaja dan dewasa muda. Penelitian juga hanya menunjukkan korelasi antara susu dan jerawat, tanpa menemukan penyebabnya.

Susu diketahui dapat meningkatkan kadar insulin yang dapat memperburuk keparahan jerawat. Susu sapi juga mengandung asam amino yang merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak IGF-1, yang dikaitkan dengan perkembangan jerawat.

5. Berlebihan konsumsi junk food
Jerawat sangat dipengaruhi oleh pola makan cepat saji yang kaya kalori, lemak, dan karbohidrat olahan. Sebuah studi menemukan, diet tinggi lemak dapat meningkatkan risiko jerawat hingga 43 persen.

Sementara konsumsi makanan cepat saji secara teratur dapat meningkatkan risiko hingga 17 persen. ** Baca juga: Saat Sarapan, Seberapa Banyak Porsi Nasi yang Sebaiknya Dikonsumsi?

Batasi konsumsi keempat jenis makanan tadi agar tidak berlebihan, sehingga dapat terhindar dari jerawat yang membandel.(ilj/bbs)

Berita Terbaru