oleh

5 Negara yang Disebut Punya Tingkat Optimistis Tertinggi di Dunia

Kabar6-Ada banyak orang yang memiliki sifat optimis di seluruh dunia. Di sisi lain, ada juga julukan yang diberikan untuk negara paling optimis di dunia.

Meskipun masih didominasi oleh negara-negara maju, ternyata ada beberapa negara berkembang yang juga memiliki indeks optimisme yang sangat tinggi. Melansir keepome, berikut lima negara yang disebut memiliki tingkat optimistis tertinggi di dunia:

1. Australia
Dalam laman resminya, OECD menjelaskan bahwa Australia menempati urutan atas dalam keterlibatan warga sipil yang berkaitan dengan kepuasan bernegara, termasuk di dalamnya adalah kepuasan terhadap pemerintah, pendidikan, pendapatan, dan layanan kesehatan.

OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) adalah organisasi ekonomi internasional yang secara teratur menerbitkan laporan yang menganalisis dan membandingkan kebijakan ekonomi negara-negara anggotanya.

Rasa optimisme mayoritas warga Australia didasarkan pada fakta bahwa kesejahteraan dalam suatu negara dapat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan seluruh penduduknya. Maka dari itu, mayoritas warga Australia adalah warga mapan dengan pendapatan dan pendidikan yang tinggi.

2. Indonesia
Menurut Financial Times, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan jumlah orang kaya terbanyak di Asia, bahkan berada di atas Tiongkok dan Korea Selatan.

Diketahui, Indonesia pernah dinobatkan sebagai negara paling santai di dunia, dan beberapa kali negeri ini juga pernah dihantam berbagai macam krisis. Tetapi, sifat kebanyakan orang Indonesia yang tidak mudah stres inilah yang membuat indeks optimisme di Indonesia juga cukup tinggi.

3. Uni Emirat Arab (UEA)
Dalam lamannya, Forbes menulis bahwa UEA merupakan sebuah kawasan terkaya di dunia, dengan pendapatan per kapita yang sangat tinggi. Bahkan, tidak hanya warga asli saja yang memiliki kepuasan dan optimisme tinggi, banyak warga asing yang bekerja di UEA juga memiliki perasaan yang sama.

4. India
Mayoritas penduduk India memiliki rasa optimisme tinggi. Secara internasional, India diakui sebagai salah satu negara berpengaruh di Asia dan bahkan dunia.

Memang terdapat beberapa kota dan kawasan yang miskin dan kumuh di India yang menyebabkan ketimpangan sosial cukup besar. Namun, optimisme sebuah negara ternyata tidak selalu sejalan dengan tingkat kesejahteraan yang tinggi.

Kebanyakan warga India sudah membuktikan bahwa optimisme bisa dibawa di mana saja dan dalam kondisi apa saja. ** Baca juga: Bak Sultan, Wanita Ini Sewa Jet Pribadi untuk Jemput Anjing Kesayangannya

5. Amerika Serikat (AS)
PR Newswire dalam lamannya menuliskan ada sebuah studi ilmiah yang memberikan kesimpulan bahwa kebanyakan warga Negeri Paman Sam memiliki sikap optimisme tinggi meskipun berada di tengah kesulitan.

Menurut survei yang pernah dilakukan, sebanyak lebih dari 85 persen warga Amerika yang memiliki harapan dan optimisme tentang kehidupan mereka di masa yang akan datang.

Meskipun pernah dihantam sejumlah masalah, salah satunya krisis ekonomi, nyatanya mayoritas warga masih optimis dan puas dengan kehidupan di AS

Memiliki sikap optimis membuat kita percaya diri membangun masa depan yang lebih baik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru