oleh

5 Negara dengan Tradisi Natal yang Unik

Kabar6-Sebentar lagi seluruh umat Kristiani di seluruh dunia akan merayakan Natal. Biasanya, perayaan Natal identik dengan pohon cemara yang dihias. Namun di beberapa negara, Natal dirayakan dengan cara yang unik.

Bahkan, keunikan tersebut sudah menjadi tradisi yang menyebar. Melansir Kompas, ini sejumlah tradisi unik perayaan Natal di beberapa negara yang dimaksud:

1. Dekorasi sarang laba-laba
Di Ukraina, ada ornamen hiasan Natal tambahan yang sangat tak biasa, yakni sarang laba-laba. Tradisi ini berawal dari cerita rakyat Ukraina yang mengisahkan seorang janda miskin yang tak memiliki uang untuk mendekorasi pohon Natal.

Pada akhirnya, seekor laba-laba memutar jaringnya di pohon, pada malam sebelum Natal. Keesokan harinya, pohon tersebut berubah menjadi sangat indah dengan jaring laba-laba yang memantulkan sinar matahari bewarna perak dan keemasan.

2. Pelihara ikan di bak mandi
Di Republik Ceko, ada tradisi unik yang konon sudah ada sejak abad ke-11 dan masih dilakukan hingga kini, yaitu memelihara ikan hidup di bak mandi. Pada malam sebelum Natal, ikan-ikan ini dipotong dan diolah menjadi santapan lezat untuk makan pagi di hari Natal.

Uniknya, selain dijadikan makanan, sedikit bagian dari potongan ikan wajib dikeringkan untuk kemudian disimpan dalam dompet Natal hingga tahun baru. Menurut mitos yang berkembang di wilayah itu, daging ikan kering ini dapat mendatangkan keuntungan.

3. Makan Kentucky Fried Chicken (KFC) di hari Natal
‘Kurisumasu ni wa kentakkii’ atau yang artinya ‘Kentucky untuk Natal!’ adalah kampanye marketing yang dilakukan oleh KFC Jepang sejak 1974 hingga sekarang. Kampanye yang berjalan sangat sukses ini membuat banyak warga Jepang menyantap KFC sebagai makanan wajib saat Natal.

Antrean gerai KFC yang sangat panjang pada malam Natal, membuat sebagian orang memesan terlebih dahulu ayam goreng ala Amerika ini.

4. Sinterklas digantikan penyihir
Di Italia, ada pengganti Sinterklas yang disebut Babbo Natale, yakni sosok wanita penyihir dengan sapu terbang. Penyihir bakal beraksi dua minggu setalah hari Natal untuk mengantarkan hadiah pada anak baik, dan menyiram abu pada anak nakal.

5. Pohon pisang dan Mangga jadi pohon Natal
Di India, pohon cemara diganti dengan pohon alternatif lain. Penduduk yang menganut agama Kristen menghias pohon mangga dan pisang dengan lampu dan ornamen layaknya pohon Natal.

Semua bergembira menyambut Natal, meski di India, hanya ada dua persen penduduk Kristiani dari total jumlah penduduknya. ** Baca juga: Tim Peneliti Temukan Hutan Purba Tertua di Dunia Berusia 386 Juta Tahun di New York

Unik, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru