oleh

5 Menu Teraneh di Korsel yang Dimakan Hidup-hidup

Kabar6-Sudah banyak diketahui, Korea Selatan (Korsel) memang memiliki aneka kuliner unik. Bahkan, beberapa di antaranya harus disantap hidup-hidup. Hal ini karena makanan tadi menggunakan bahan utama yang tidak biasa.

Makanan mentah itu hanya dibumbui kecap asin, biji wijen, bubuk cabai atau biji wijen. Melansir Detikfood, ini dia lima menu teraneh di Korsel yang dimakan hidu-hidup:

1. Ganjang Gejang
Merupakan makanan legendaris di Korsel, karena sudah ada sejak Dinasti Joseon. Ganjang Gejang adalah makanan terbuat dari bayi kepiting yang masih mentah, kemudian difermentasi menggunakan kecap asin khas Korea.

Genjang Gejang ini disantap mentah-mentah. Biasanya orang Korea mengonsumsinya sebagai lauk nasi atau dicampur nori dan bubuk cabai. Hidangan berupa bayi kepiting mentah ini memiliki tekstur yang lembut.

2. Bosintang
Merupakan sup yang terbuat dari bahan dasar berupa daging anjing, yang dipotong-potong lalu direbus. Kemudian dicampur aneka sayuran, seperti bawang hijau daun perilla dan bumbu untuk penyedap rasa.

3. Gaebul
Gaebul adalah makanan khas Korea Selatan yang terbuat dari cacing sendok, memiliki bentuk seperti Mr.P. Cacing sendok sendiri merupakan salah satu jenis hewan laut yang banyak ditemui di Korsel.

Biasanya, gaebul dimakan mentah-mentah sambil dicocol kecap asin atau wasabi. Sebelum disantap, cacing ini dipotong dan dibuang kedua ujungnya.

4. Sannakji
Makanan ini berbahan dasar gurita hidup. Untuk menyantapnya, gurita hidup itu disajikan dengan minyak atau biji wijen. Biasanya, gurita yang disantap masih bayi. Teksturnya yang kenyal dan sensasi gurita bergerak di dalam mulut membuat orang Korea menyukainya.

Namun, ada teknik khusus saat makan gurita mentah ini. Supaya aman, lebih baik dipotong-potong terlebih dahulu. ** Baca juga: Disangka Meninggal Dunia, Seorang Anak Selamatkan Ibunya yang Nyaris Dikremasi

5. Beondegi
Beondegi adalah makanan yang terbuat dari larva ulat sutra. Makanan ini sangat populer di negeri ginseng sebagai camilan. Namun kini, beondegi menjadi makanan yang langka di Korsel.

Biasanya, beondegi disajikan dengan alkohol. Meskipun terkesan mengerikan, makanan yang satu ini kaya akan nutrisi. Salah satunya mengandung protein dalam jumlah yang banyak.

Penasaran mencoba?(ilj/bbs)

Berita Terbaru